Panjang Hidung Menyusut Saat Seseorang Berbohong
berita
Sumber Foto : brilio.net
21 November 2018 17:00
Orang yang berbohong hidungnya jadi tambah panjang. Mungkin kita beranggapan hal itu hanya ada di cerita Pinokio, si boneka kayu.  Hidung pinokio bisa menjadi pertanda anak Gepeto si tukang kayu itu sedang berbohong.

Tahukah Anda, perubahan ukuran hidung saat orang berbohong ternyata bukan hanya cerita fiksi, melainkan benar-benar terjadi. Namun bukannya semakin memanjang, saat berbohong ukuran hidung justru semakin menyusut.

Dr. Emilio Gomez Milan, dari University of Granada mengatakan ujung hidung akan menyusut saat seseorang berbohong. Selain itu suhu hidung juga menurun hingga  1,2 derajat celcius. Sedangkan suhu dahi naik hingga 1,5 derajat celcius.Namun perubahan itu tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Gomez Milan menjelaskan, hal ini terjadi karena untuk bisa berbohong seseorang perlu berpikir terlebih dahulu. Hal itulah yang menyebabkan suhu tubuh meningkat meningkatkan. Sementara itu pada waktu yang bersamaan berbohong akan membuat seseorang cemas sehingga suhu hidung turun.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?