Paduan Kunyit dan Jahe, Ampuh Mengatasi Gangguan Pencernaan, Sehatkan Jantung dan Otak
berita
Sumber Foto : pinterest.de
22 July 2019 17:25
Watyutink.com - Kunyit dan jahe sudah lama dikenal sebagai bumbu masak. Beragam resep masakan menggunakan kedua rempah-rempah tersebut.

Selain menjadi bumbu masakan, kunyit dan jahe adalah bahan pembuat obat-obatan herbal. Ternyata paduan kunyit dan jahe jika diolah bersama dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kunyit dan jahe bagi kesehatan?

Kunyit dan jahe diketahui mengandung sifat anti inflamasi. Itulah sebabnya mengonsumsi jahe dan kunyit bersamaan akan menimbulkan hasil yang luar biasa bagi kebugaran tubuh.

Jurnal Advances in Pharmacological Studies dalam laporannya menuliskan ekstrak kunyit bermanfaat untuk pengobatan sendi bengkak, gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus dan artritis reumatoid. Sedangkan jahe, memiliki efek yang mirip dengan obat anti inflamasi non steroid untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Kunyit dan jahe juga bermanfaat menjaga kesehatan otak. Kandungan antioksidan dalam kunyit dan jahe mampu meningkatkan kekuatan kognitif dan mencegah serangan penyakit neurologis. Jahe dapat mengurangi kerusakan memori dan mengurangi gejala penyakit Alzheimer dan demensia. Sementara kunyit, memiliki efek neuro-positif pada pasien demensia atau pikun.

Selain itu paduan kunyit dan jahe juga efektif menjaga kesehatan organ pencernaan. Jahe juga digunakan untuk mengobati mual dan masalah usus. Sedangkan kunyit, merupakan obat yang efektif untuk mengatasi penyakit iritasi usus, gangguan pencernaan, sakit maag, penyakit refluks gastroesophaegal dan penyakit crohn.

Menurut International Journal of Cardiology, kedua bahan herbal tersebut ampuh mengobati gangguan jantung dan tekanan darah. Ekstrak kurkumin pada kunyit mampu menurunkan risiko pembekuan darah dan mencegah detak jantung tidak teratur. Sedangkan jahe dapat menurunkan tekanan darah serta mencegah jantung berdebar.

Kombinasi jahe dan kunyit juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Kombinasi jahe kunyit juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu Anda mencegah serta mengobati kanker.

Kombinasi kedua rempah ini juga bisa membantu mengatasi gejala diabetes, membantu menurunkan berat badan dan depresi.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat kedua bahan ajaib ini. Salah satunya dengan meramunya menjadi minuman kesehatan. Siapkan satu sendok teh jahe segar, satu sendok teh kunyit segar, 1/4 sendok teh lada hitam, madu dan irisan lemon.

Didihkan secangkir air. Setelah mendidih masukkan jahe dan kunyit, diamkan sekitar lima menit lalu saring. Tambahkan madu, lada hitam dan lemon untuk menambah rasa. Konsumsi secara rutin ramuan tersebut dan Anda akan mendapatkan khasiatnya yang luar biasa.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol