Olah Kulit Jeruk Jadi Manisan, Jus, atau Cake Bisa Cegah Kanker, Diabetes, dan Penyakit Jantung
berita
Olahan Kulit Jeruk
18 August 2020 16:20
Watyutink.com – Seringkali saat memakan buah jeruk, kita membuang begitu saja kulitnya. Banyak orang menganggap kulit jeruk hanyalah bagian yang tidak berguna dan dibuang begitu saja. Padahal sejatinya kulit jeruk mempunyai beragam manfaat. Kulit jeruk diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit jeruk bagi kesehatan?

Kulit jeruk seperti juga buahnya kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C dalam kulit jeruk lebih banyak daripada buahnya. Dalam sebuah jeruk, terdapat 71 miligram vitamin C. Sedangkan kulitnya mengandung 136 miligram vitamin C.

Itulah sebabnya kulit jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menjaga fungsi jantung. Selain vitamin C, kulit jeruk kaya akan kandungan flavonoid, yakni hesperidin dan antiinflamasi. Kedua zat tersebut sangat baik untuk menjaga dan melindungi tubuh, terutama jantung dari penyakit kardiovaskuler. Terlebih kulit jeruk juga memiliki kandungan folat.

Sedangkan kandungan polymethoxylated flavones pada kulit jeruk berguna untuk menurunkan kolesterol. Manfaat yang diberikan kulit jeruk bahkan lebih baik dibanding obat kolesterol biasa. Sedangkan hesperadin mampu menurunkan tekanan darah. Manfaat ini bisa dilihat setelah dua atau tiga minggal mengunsumsi kulit jeruk.

 Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk juga berfungsi sebagai antikanker. Flavonoid pada kulit jeruk bermanfaat menghalangi kinerja protein RLIP76, yang terkait dengan obesitas dan kanker. Penelitian yang dilakukan para ahli menujukkan saat protein RLIP76 dihilangkan, tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, dan kolesterol.

Kulit jeruk juga bermanfaat bagi kesehatan paru-paru. Pasalnya vitamin C dalam kulit jeruk berguna unutk memecah dahak dan membersihkan paru-paru. Vitamin C juga bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Hal ini membantu melindungi paru-paru dari infeksi. Itulah sebabnya kulit jeruk mampu mengatasi flu dan demam.

Kulit jeruk sangat baik digunakan untuk menurunkan berat badan. Pasalnya kulit jeruk rendah kandungan kalori sehingga bisa dikonsumsi tanpa khawatir berat badan naik. Selain itu kulit jeruk mampu mengendalikan atau mengontrol nafsu makan. Perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan keinginan untuk makan.

Kulit jeruk sangat baik menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya kulit jeruk mengandung komponen D-limonene yang terbukti mampu melarutkan batu ginjal.Kulit jeruk juga mengandung antiseptik dan antijamur sehingga berguna menyembuhkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal.

Kulit jeruk juga berguna bagi penderita diabetes lantaran mengandung pektin atau serah yang mampu mengatur gula darah. Terapi menggunakan kulit jeruk terbukti mampu mencegah penyakit diabetes neuropati. Itulah sebabnya penderita diabetes atau kencing manis dianjurkan rutin mengonsumsi kulit jeruk.

Untuk mendapat manfaat kulit jeruk bisa dengan berbagai cara. Cara pertama bisa dengan menjadikan manisan kulit jeruk. Pisahkan bagian kulit jeruk yang berwarna putih hingga tertinggal lembaran berwarna oranye saja. Rebus selama sekitar 15 menit lalu tiriskan. Rebus lagi dengan larutan gula selama sekitar 45 menit dengan api kecil. Usai direbus, baluri kulit jeruk dengan gula pasir dan didiamkan hingga mengering. Agar lebih awet dan segar, simpang manisan ini di freezer.

Kulit jeruk juga bisa ditambahkan ke dalam teh. Caranya, potong kulit jeruk kecil-kecil. Campurkan potongan kulit jeruk itu ke dalam teh. Minum saat masih hangat.

Kulit jeruk juga bisa diolah menjadi saus. Caranya, ambil kulit jeruk cuci hingga bersih. Blender kulit jeruk dengan air, sedikit garam, gula merah, dan tepung maizena. Setelah halus, masak jus kulit jeruk tersebut selama sekitar 10 menit. Selama dimasak, aduk-aduk jus kulit jeruk itu hingga teksturnya mengental. Gunakan  saus kulit jeruk itu untuk memasak daging, ikan atau seafood.

Kuit jeruk juga bisa diolah menjadi kue atau cake. Bahannya berupa 1 1/2 cup tepung, 3/4 cup gula, 1/4 cup jus jeruk, 1/4 cup susu, 2 sendok makan mentega, 2 butir telur, 2 sendok teh baking powder, dan 1 sendok makan kulit jeruk yang telah diparut. Campur semua bahan itu hingga menjadi adonan.

Tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi mentega. Panggang selama 30 hingga 40 menit dengan suhu 180 derajat selsius. Panggang hingga matang dan sajikan saat masih hangat.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF