Obati Sakit Pinggang dengan Bahan Alami, Kunyit, Rambut Jagung, Bawang dan Daun Sirsak
berita
Ilustrasi/ Net
06 June 2021 06:00
Watyutink.com – Sakit pinggang adalah masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Pasalnya pinggang adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting saat beraktivitas. Pinggang bertugas menopang tubuh saat bekerja, berjalan, atau kegiatan fisik lainnya. Gangguan pada pinggang dipastikan bakal menghambat atau bahkan menghentikan aktivitas tersebut.

Itulah sebabnya sakit pinggang harus segera di atasi sebelum menjadi semakin parah. Seringkali orang mengatasi sakit pinggang dengan obat-obatan yang banyak dijual di apotek atau toko obat. Terkadang sakit pinggang juga diatasi dengan menempelkan koyo atau obat oles. Padahal sebenarnya sakit pinggang bisa disembuhkan dengan bahan alami atau herbal.

Selain lebih aman karena bebas bahan kimia, obat herbal juga mudah didapat. Pasalnya obat herbal menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Tahukah Anda, apa bahan herbal yang berguna menyembuhkan sakit pinggang?

Penyebab sakin pinggang bisa bermacam-macam. Aktivitas fisik seperti bekerja atau olah raga berisiko menyebabkan sakit pinggang. Kegiatan mengangkat benda atau beban juga berisiko menyebabkan sakit pinggang. Terutama jika posisi badan sedang tidak tepat. Selain itu cedera lainnya, seperti terkilir, salah urat, dan nyeri otot juga bisa terjadi akibat kondisi tersebut.

Guna mengatasi sakit pingging bisa dengan berbagai cara. Selain menggunakan obat buatan pabrik, sakit pinggang bisa disembuhkan dengan bahan alami atau herbal. Ada beragam bahan alami yang bisa diolah menjadi obat sakit pinggang. Salah satunya adalah jahe. Kandungan phytochemical dalam jahe diyakini mampu mengatasi nyeri sendi dan otot. Phytochemical berguna menghentikan peradangan, sehingga bisa menjadi obat sakit pinggang alami.

Untuk mendapatkan manfaat jahe caranya, ambil jahe sebesar ibu jari orang dewasa, cuci bersih lalu iris tipis. Siapkan beberapa buah cabe rawit yang sudah dibuang tangkainya. Campur irisan jahe dan cabe rawit dengan alkohol 75 persen. Biarkan selama dua pekan hingga mengalami fermentasi. Setelah itu, oleskan bagian pinggang yang terasa sakit atau nyeri dengan menggunakan ramuan tersebut.

Bawang merah juga bisa menjadi obat sakit pinggang dan nyeri punggung. Bawang merah mengandung komponen aktif seperti flavanoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, dan zat tannin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Untuk membuat ramuan obat sakit pinggang, siapkan akar bawang merah, jahe merah, dan angco atau kurma cina. Rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan air tersisa setengahnya. Minum ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

Selain bawang merah, bawang putih juga ampuh mengobati sakit pinggang. Tapi bukan diminum melainkan diolah menjadi obat oles. Bawang putih diketahui mengandung allicin dan kalsium yang berguna menyembuhkan sakit pinggang. Cara pembuatannya cukup mudah. Siapkan bawang putih, bubuk cabai, dan jahe merah. Rendam dalam larutan alkohol 75 persen selama dua pekan. Selanjutnya rendaman tersebut digunakan sebagai obat oleh untuk mengatasi sakit pinggang.

Kunyit juga bermanfaat mengatasi sakit pinggang. Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki manfaat antiradang yang berguma meredakan nyeri sendi. Itulah sebabnya kunyit sudah lama diolah menjadi obat sakit pinggang.

Cara membuat ramuan kunyit sangat mudah.  Rebus kunyit, akar jahe, dan tanaman jenggot dengan air secukupnya. Biarkan sampai mendidih lalu angkat. Tunggu sampai hangat, saring dan minum ramuan tersebut secara rutin pagi dan sore.

Sakit pinggang juga bisa diobati menggunakan rambut jagung. Caranya, siapkan rambut jagung, cuci sampai bersih. Rebus bersama jahe merah, adas, dan buah takokak dengan air secukupnya. Setelah mendidih angkat, saring dan minum selagi hangat.

Daun sirsak juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit pinggang. Pasalnya daun sirsak mengandung serat, karbohidrat, kalium, vitamin C, air, fosfor dan kalsium, dan lemak. Hal ini membuatnya ampuh digunakan mengatasi sakit pinggang. Ambil 20 lembar daun sirsak, cuci sampai bersih. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut sebanyak tiga perempat hingga satu gelas ukuran sedang. Lakukan setiap hari sampai sakit pinggang sembuh.  

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF