Obati Gangguan Asam Lambung dengan Rutin Minum Ramuan Jahe
berita
Ramuan Jahe
15 December 2020 17:40
Watyutink.com – Salah satu gangguan pencernaan yang sering diderita orang Indonesia adalah asam lambung. Penyakit dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) jika sedang kambuh bisa sangat menganggu. Pasalnya gangguan asam lambung bisa menimbulkan rasa seperti terbakar di dada hingga kerongkongan. Kondisi semacam itu bisa muncul hingga dua kali dalam sepekan.  

Penyakit asam lambung bisa menyerang semua usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit asam lambung tidak bisa dianggap sepele. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini bisa semakin parah dan bisa menimbulkan komplikasi. 

Itulah sebabnya penyakit asam lambung harus segera diatasi. Umumnya orang akan mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi gangguan asam lambung. Padahal sebenarnya  asam lambung bisa diatasi dengan bahan-bahan alami atau obat herbal. Salah satu bahan obat herbal yang digunakan adalah jahe. 

Tahukah Anda, apa manfaat jahe untuk mengatasi penyakit asam lambung?

Jahe adalah rempah-rempah yang banyak digunakan untuk jamu dan obat tradisional. Healthline, laman media kesehatan yang terbit di San Fransisco, Amerika Serikat (AS) menyebut jahe mengandung senyawa fenolat yang dapat meredakan iritasi saluran pencernaan serta mengurangi kontraksi lambung. 

Jahe juga dapat mengurangi risiko zat asam naik dari lambung ke kerongkongan. Itulah sebabnya refluks asam lambung bisa dihindari dengan mengonsumsi jahe.   

Selain itu jahe juga memiliki sifat antiradang yang baik untuk tubuh. Para ahli kesehatan menyatakan peradangan dalam tubuh bisa berkurang dengan mengonsumsi jahe selama satu bulan. Rasa hangat akibat mengonsumsi jahe bisa menimbulkan rasa tenang dan mengurangi produksi asam lambung. Jahe juga bisa menghindarkan tubuh dari mual, nyeri otot, dan mengurangi pembengkakan.

Ada berbagai cara memanfaatkan jahe untuk mengobati penyakit asam lambung. Cara termudah adalah dengan memakan jahe mentah-mentah. Namun cara ini terasa menyulitkan, pasalnya tidak semua orang tahan dan bisa memakan jahe mentah.

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar menjelaskan jahe juga bisa diolah menjadi ramuan teh jahe. Cara, siapkan satu ruas jahe, kayu manis, satu sendok teh ketumbar dan satu sendok makan madu. Campurkan semua bahan tersebut dan seduh menggunakan 250 hingga 300 mililiter atau satu seperempat gelas ukuran sedang air panas. Tunggu hingga hangat dan minumlah. 

Manfaat jahe juga bisa didapat dengan menjadikannya bumbu masak. Anda bisa mencampurkan jahe pada sup atau masakan lainnya.

Meski mengandung banyak manfaat, Anda tidak boleh mengonsumsi ramuan jahe dalam jumlah banyak. Pasalnya hal itu bisa menimbulkan rasa panas di perut. Bahkan jika terlalu banyak, bisa mengakibatkan perih.

Selain itu tidak semua orang bisa mengonsumsi ramuan jahe. Pasalnya jahe juga berfungsi melancarkan peredaran darah. Dalam beberapa kasus, seperti orang dengan kelainan darah, kondisi ini justru bisa memicu pendarahan. Selain itu ibu hamil dan orang yang akan menjalani proses operasi sebaiknya tidak mengonsumsi jahe. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF