Obati Asma dan Gangguan Pernapasan dengan Ramuan Lengkuas, Sereh, Pala, dan Cengkeh
berita
Sereh, Pala, Cengkeh, Lengkuas
12 August 2020 16:45
Watyutink.com – Asma adalah penyakit yang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya penyakit yang menyerang pernapasan ini sangat berbahaya. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit ini bisa berakibat fatal bahkan kematian. Bahkan asma merupakan salah satu penyakit yang banyak menimbulkan kematian.

Itulah sebabnya penderita asma harus selalu menjaga diri agar jangan sampai serangan sesak napas akut itu menyerang. Umumnya para pendirita asma menggunakan obar-obatan kimia sebagai solusinya. Mulai dari yang berupa pil hingga yang paling banyak digunakan adalah inhaler. Padahal sejatinya serangan asma bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi bahan-bahan alami atau herbal.

Tahukah Anda, apa saja bahan alami yang bisa mengatasi serangan asma?

Asma adalah salah satu penyakit pernapasan yang ketika saluran udara mengalami peradangan. Saat terjadi serangan asma, saluran napas akan menyempit dan mengeluarkan lendir. Hal inilah yang menyebabkan penderita asma kerap kesulitan bernapas.

Asma tidak bisa dianggap sepele, meski dalam katagori ringan sekalipan. Beragam aktivitas sehari-hari dipastikan terganggu saat asmi menyerang. Jika dibiarkan, asma ringan dapat menjadi lebih parah. Asma dengan katagori akut atau kronis bisa berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian.

Para ahli belum bisa memastikan penyebab asma. Namun sejumlah ahli kesehatan yang lain menyatakan asma kerap dipicu oleh alergi, polusi udara, infeksi pernapasan, emosi, kondisi cuaca, kandungan  zat tertentu dalam makanan, dan beberapa pengobatan. Gejala yang umum terjadi adalah batuk, mengi, napas yang pendek, dan sesak di dada.

Meski bisa meredakan serangan asma penggunaan obat-obatan kimia tidak terlalu dianjurkan. Terkecuali dalam kondisi mendesak yang membutuhkan pertolongan segera. Untuk pencegahan dan penyembuhan jangka panjang, para ahli lebih menyarankan penggunaan obat atau bahan alami. Pasalnya bahan alami atau herbal tidak mengandung bahan kimia yang bisa jadi membawa efek tidak baik dalam jangka panjang.

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan mencegah serangan asma, salah satunya adalah lengkuas. Kandungan antipasmodik dalam lengkuas dapat melebarkan bronkiolus sehingga mencegah serangan asma. Sedangkan kandungan anti-inflamasi dalam lengkuas mampu memperlancar penafasan.

Lengkuas juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, pemicu berbagai penyakit kronis, termasuk asma. Antioksidan dalam lengkuas juga mampu menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Sereh atau serai juga bermanfaat mencegah asma. Sereh terbukti mampu meredakan peradangan dan infeksi pemicu asma. Sereh juga bersifat diuretik yang berguna membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh. Akibatnya tekanan darah menjadi terkontrol dan selalu normal.

Untuk membuat ramuan anti asma, siapkan lengkuas sebesar ruas jari. Setelah dibersihkan kulitnya dan dicuci dengan air, potong lengkuas menjadi ukuran yang lebih kecil. Lalu geprek. Ambil sebatang sereh, buang kulit keringnya. Potong menjadi lebih kecil.  

Rebus lengkuas dan sereh dalam 300 mililiter air. Tambahkan satu atau tiga buah pala, satu sendok makan cengkeh. Rebus dengan api kecil dan aduk sampai air berubah warna dan mengeluarkan bau harum. Matikan kompor sebelum air mendidih. Angkat dan saring air rebusan tersebut.

Ambil lengkuas, sereh, pala dan cengkeh dari panci dan masukkan dalam gelas. Tuangkan air rebusan ke dalam gelas yang berisi bahan-bahan tersebut dan aduk. Setelah menjadi hangat tambahkan madu secukupnya untuk menambah rasa. Minum secara rutin satu kali sehari.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF