Obati Asma, Sembelit, Demam, dan Jerawat dengan Daun Cocor Bebek
berita
Sumber Foto : iStockphoto
10 August 2021 16:15
Watyutink.com - Masyarakat sudah banyak yang mengenal tanaman cocor bebek. Biasanya tanaman ini dijadikan penghias taman atau halaman. Bunganya yang beraneka warna seperti merah, merah muda, kuning, cokelat, jingga, ungu dan lainnya menjadi tanaman ini juga sering dijadikan penghias ruangan dengan menempatkannya di vas bunga.

Selain sebagai tanaman hias, cocor bebek ternyata juga ampuh digunakan sebagai obat. Pasalnya tanaman ini mempunyai kandungan senyawa yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun cocor bebek untuk kesehatan?

Dinamakan cocor bebek lantaran daunnya berbentuk mirip paruh atau mulut bebek. Bentuknya oval dan lebar serta bagian tepinya bergerigi halus. Cocor bebek termasuk tanaman invasif lantaran sangat mudah tumbuh dan menyebar dengan cepat

Tanaman dengan nama ilmiah Bryophyllum pinnatum ini dikenal sangat kaya akan senyawa dan mineral, seperti fosfor, natrium, magnesium, zat besi, zinc, casein hydrlylsate dan nicotinamide. Sedangkan kandungan senyawanya adalah fenol alkaloid, saponin, tannin, karotenoid, glikosida, dan antosianin.

Selain itu juga asam malat, tokoferol, lectin, koumarin, steroid, terpenoid, dan flavonoid.
Kandungan mineral dan senyawa itulah yang menjadikan tanaman cocor bebek bisa diolah menjadi obat. Bagian yang diolah biasanya adalah daunnya. Salah satunya untuk meredakan sakit gigi. Caranya ambil empat hingga enam daun cocor bebek, cuci sampai bersih. Tumbuk sampai halus lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

Daun cocor bebek juga memiliki fungsi sebagai antiseptik. Itulah sebabnya daun ini cocok digunakan sebagai obat luka dan pengganti cairan sterilisasi. Sedangkan sifat anti inflamasi yang dimilikinya membuat daun cocor bebek mamlu menghentikan peradangan ringan secara alami.

Cara, ambil beberapa lembar daun cocor bebek, cuci sampai bersih. Tumbuk sampai halus campur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan pada luka dan diamkan beberapa jam hingga mengering.

Ramuan tersebut juga ampuh untuk mengusir jerawat. Usapkan pasta daun cocor bebek tersebut pada wajah. Diamkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya.

Daun cocor bebek juga bisa mengobati sakit kepala dan demam. Hal ini lantaran daun cocor bebek memiliki asam folat, kalsium, magnesium, dan glucoside. Kandungan tersebut mampu membuat otot-otot di kepala lebih rileks.

Ambil beberapa lembar daun cocor bebak. Setelah dicuci bersih rebus dengan air hingga mendidih. Minum ramuan tersebut selagi hangat. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Untuk meredakan demam, air rebusan daun cocor bebek bisa digunakan untuk mengompres dahi atau kepala. Lakukan hingga demam dan panas tubuh reda.

Air rebusan daun cocor bebek juga berguna untuk meringankan gejala asma dan gangguan pernafasan. Bahkan rutin mengonsumsi ramuan daun cocok bebek sangat baik untuk membantu menyembuhkan asam secara alami. Selain direbus, daun cocor bebek juga bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan. Tidak perlu khawatir karena cocok bebek adalah tanaman yang aman dikonsumsi.

Daun cocor bebek juga berguna menyembuhkan sembelit atau susah buang air besar. Caranya seduh beberapa lembar daun cocor bebek yang sudah dikeringkan dengan air panas. Tambahkan madu dan nikmati layaknya minum teh.

Rutin minum teh daun cocor bebek juga bisa memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Pasalnya daun cocor bebek kaya akan kandungan magnesium dan kalsium yang mampu mencegah pengeroposan tulang.

Daun cocor bebek juga berguna mengatasi gangguan otot seperti keseleo. Balurkan daun cocor bebek yang sudah dihaluskan ke bagian tubuh, seperti kaki atau tangan yang keseleo. Lakukan rutin sampai keseleo sembuh.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF