Naik Tangga, Cara Sederhana Cek Kesehatan Jantung Kita
berita

03 November 2019 09:00
Watyutink.com – Jika memasuki sebuah gedung bertingkat, mana yang akan Anda pilih, menggunakan lift atau menaiki tangga? Pasti jawabannya adalah menggunakan lift, dengan alasan hemat waktu dan tenaga.

Tahukah Anda, menggunakan tangga sebenarnya lebih menyehatkan. Selain itu menaiki tangga bisa mendeteksi kesehatan kita.

Sebuah studi baru di European Society of Cardiology yang berlokasi di Perancis melaporkan, tes olahraga yang membutuhkan gerakan cepat seperti naik turun tangga bisa memprediksi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan onkologi. Dr. Freeman mengatakan kepada Healthline, saat ini dokter para dokter bisa menilai kesehatan jantung seseorang dengan cara melakukan uji naik tangga.

Jika seseorang mampu menaiki tangga dengan waktu dan cara yang relatif normal, kemungkinan besar jantungnya berfungsi dengan baik. Bagi mereka yang gagal melewati tes menaiki tangga, sebaiknya mulai mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Rajinlah berolah raga dan turuti anjuran dokter jika mengalami gangguan kesehatan.

Namun bagi penderita artritis atau peradangan sendi dan gangguan ortopedi tertentu Dr Freeman  menganjurkan untuk tidak melakukan uji kesehatan denga menaiki tangga. Hal yang sama dengan penderita penyakit asma sebaiknya menghindari penggunaan tangga. Untuk menjaga kesehatan sebaiknya mereka menggantinya dengan berolah raga renang yang mampu meminimalisir serangan asma.

Jika melihat manfaatnya, masihkah Anda malas menggunakan tangga dan memilih cara singkat dengan memakai lift atau escalator?

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas