Minum Air Rebusan Daun Salam, Cara Murah Obati Asam Urat, Hipertensi, Cegah Serangan Jantung dan Stroke
berita
Rebusan Daun Salam
22 August 2020 17:00
Watyutink.com - Banyak orang beranggapan untuk menjadi sehat diperlukan biaya mahal. Pasalnya agat tubuh tetap bugar harus dengan mengonsumsi vitamin, suplemen atau obat-obatan yang harganya ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Jika masih beranggapan seperti itu, sepertinya Anda harus berkenalan dengan daun salam. Pasalnya daun salam sangat murah harganya tapi besar manfaatnya bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan?

Daun salam selama ini hanya dikenal sebagai salah satu bumbu masak.  Aromanya yang khas banyak digunakan untuk menyedapkan makanan. Ternyata daun salam tidak hanya melezatkan makanan tapi juga menyehatkan.

Daun salam dikenal kaya akan kandungan zat yang bermanfaat mengobati berbagai penyakit. Terlebih daun ini harganya sangat murah. Hanya dengan Rp1.000 hingga Rp2.000 Anda sudah bisa membeli lima hingga 10 lembar daun salam.

Cara mengolahnya pun sangat mudah. Cukup dengan merebus beberapa lembar daun salam dan secara rutin meminum air rebusannya. Jika rasanya kurang enak bisa ditambahkan madu.

Para ahli kesehatan menyebut daun salam  tinggi akan kandungan vitamin C dan A, serta asam folat. Selain itu, daun salam juga mengandung berbagai mineral seperti tembaga, selenium, besi, seng, mangan, magnesium, potasium dan kalsium.

Hal inilah yang membuat daun salam mampu mengobati beragam jenia penyakit.  Salah satu penyakit yang dapat dicegah adalah hipertensi atau darah tinggi. Daun salam diyakini dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi. Selain daun salam juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Minum rebusan air daun salam diyakini membuat tekanan darah menjadi lebih baik.

Air rebusan daun salam juga berguna untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai kerusakan seperti katarak, degeneratif makula dan mata minus. Selain itu daun salam juga bisa menyehatkan jantung, hati dan ginjal. Kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh yang dapat memicu gangguan ketiga organ penting itu bisa diturunkan dengan rutin meminum rebusan air daun salam. 

Daun salam juga bermanfaat mengibati penyakit asam urat. Minum rebusan daun salam dua kali sehari dapat mengurangi kadar asam urat dan masalah yang berkaitan dengan asam urat. Pasalnya air rebusan daun dalam bisa menurunkan kadar asam urat yang menumpuk di persendian.  

Air rebusan daun salam juga baik dikonsumsi penderita diabetes atau kencing manis. Pasalnya daun salam membantu tubuh memproses insulin. Sehingga bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah dsn kolesterol.

Sedangkam kandungan senyawa fitonutrient, asam caffeic, serta salicyclate dalam daun salam menjadikannya mampu meningkatkan kinerja jantung. Rutin mengonsumsi air rebusan daun salam dapat mengurangi risiko serangan jantung dan mencegah stroke.

Namun perlu diingat, daun salam tidak dapat dikunyah atau dikonsumsi langsung. Struktur dasar dari daun salam membuatnya tidak dapat dicerna meskipun sudah dikunyah. Sehingga saat di dalam perut, keadaannya akan tetap utuh meski sudah melewati sistem pencernaan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF