Minum Air Rebusan Daun Alpukat Mampu Atasi Maag, Diare, Asma, Sakit Kepala dan Batu Ginjal
berita
Rebusan Daun Alpukat
19 October 2020 16:50
Watyutink.com – Manfaat buah alpukat sudah banyak diketahui orang. Buah yang kerap diolah menjadi jus ini diketahui mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menyembuhkan stroke. Selain itu alpukat juga berguna mencegah penyempitan pembuluh darah penyabab stroke dan serangan jantung.

Namun selama ini yang kenal bermanfaat bagi kesehatan hanyalah buahnya. Padahal daun alpukat juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya daun alpukat memiliki kandungan nutrisi dan senyawa yang berguna mengatasi berbagai penyakit. Itulah sebabnya daun alpuka bisa dioleh menjadi obat atau ramuan kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun alpukat untuk kesehatan?

Daun alpukat diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Bahkan kandungan nutrisi dalam daun alpukat lebih banyak dibanding buahnya. Kadungan nutrisi tersebut antara lain, protein, serat, dan fitokimia. Selain itu terkandung pula mineral, seperti magnesium, natrium, mangan, kalsium, besi, seng, kalium, seng, selenium, dan fosfor dalam jumlah yang tepat. Daun alpukat juga memiliki kandungan flavonoid dan fenol yang cukup banyak.

Itulah sebabnya daun alpukat bisa diolah menjadi ramuan obat bagi berbagai penyakit. Dirangkum dari berbagai sumber, salah satunya mengobati gangguan pencernaan seperti maag, diare, dan sembelit. Kandungan nutrisi dalam daun alpukat diyakini mampu mengatasi maag dan meredakan gastritis, yakni penyakit pada lambung akibat peradangan dinding lambung.

Penelitian yang dilakukan oleh Bamidale Owoyele dari Universitas Ilorin, Nigeria membuktikan ekstrak daun alpukat mengandung anti-ulserogenik yang mampu meredakan maag. Daun alpukat juga mampu meredakan diare sekaligus sembelit atau susah buang air besar. Hal ini akibat kandungan saponin dalam daun alpukat yang mampu mencegah infeksi bakteri penyebab gangguan pencernaan.

Caranya, rebus tiga atau lima lembar daun alpukat dengan air secukupnya sampai mendidih. Saring dan minum air rebusan itu secara rutin sampai gangguan pencernaan reda.

Daun alpukat juga mampu mengobati gangguan pernafasan seperti asma. Kandungan zat pinene dalam daun alpukat diyakini mampu membantu menyembuhkan serangan asma. Pasalnya zat pinere mampu membuat jalan udara di paru-paru menjadi lebih lancar.

Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus beberapa lembar daun alpukat dengan dua gelas air. Tambahkan satu sendok makan garam ke dalam larutan. Rebus air sampai tersisa satu gelas, saring dan minum selagi hangat sebelum tidur.

Daun alpukat juga mampu mengatasi sakit kepala. Kandungan antiokdisan dalam daun alpukat mampu memperlancar aliran oksigen ke kepala.  Selain sakit kepala, daun alpukat juga berguna mengatasi migrain, sinusitus, dan kelelahan.

Minum air rebusan daun alpukat diyakini mampu meredakan sakit gigi. Air rebusan daun alpukat dipercaya mampu mengurangi peradangan pada gusi yang kerap menyebabkan sakit gigi. Kandungan antioksidan dalam daun alpukat juga mampy mengurangi stres. Pasalnya air rebusan daun alpukat mampu mengurangi produksi hormon kortisol yang kerap memberikan perasaan tertekan.

Daun alpukat juga bermanfaat menjadi obat penyakit infeksi saluran kemih sekaligus mencegah batu ginjal. Pasalnya daun alpukat mengandung zat phytochemical seperti alkaloid, saponin, dan flavonoid. Itulah sebabnya daun alpukat mampu menghancurkan batu di dalam ginjal.

Caranya, rebus delapan lembar daun alpukat dengan segelas air. Biarkan sampai mendidih dan tersisa setengah gelas. Saring dan minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF