Minum Air Lemon Sebelum Tidur Bisa Atasi Insomnia, Buang Racun dan Sehatkan Pencernaan
berita
Ilustrasi/ Net
31 May 2021 08:00
Watyutink.com - Salah satu buah yang banyak ditanam di Nusantara adalah lemon. Berbeda dengan 'saudaranya' yakni jeruk yang dinikmati secara dimakan, lemon biasanya diambil airnya. Lemon dinikmati dengan cara diperas dan diminum airnya. 

Meski berbeda cara menikmatinya, manfaat yang dimiliki lemon sama dengan jeruk. Keduanya dikenal kaya akan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Rutin mengonsumsi air lemon diyakini membawa dampak positif bagi tubuh. Terutama jika diminum sebelum tidur.

Tahukah Anda, apa saja manfaat minum air lemon sebelum tidur? 

Para ahli kesehatan mengatakan lemon kaya akan kandungan nutrisi yang berguna menjaga kesehatan. Nutrisi tersebut antara lain, kalori, karbohidrat, proteim, serat, gula, dan sedikit lemak. Kandungan terbesar dari lemon adalah air, sekitar 89 persen. 

Kandungan vitamin dan mineral dalam lemon antara lain, vitamin B, C, E, kalsium, cholin zat besi, magnesium, fosfor, potasium, kalium, sodium, tembaga, seng, selanium dan magan.

Aneka nutrisi itu menjadikan buah dengan nama lain Citrus limon ini kaya manfaat. Salah satunya sebagai detox atau membuang racun dari dalam tubuh. Pasalnya air lemon bersifat diuretik yang mampu mengeluarkan toksin dari tubuh. Caranya, peras lemon dan minum airnya sebel tidur. Selama tidur, lemon akan bekerja membersihkan racun dan toksin dari tubuh. Selanjutnya racun akan dikeluarkan melalu air seni saat bangun tidur. 

Minum air lemon juga berguna mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia. Minum air perasan lemon sebelum tidur akan menyeimbangkan kadar vitamin, nutrisi, dan mineral pada tubuh yang terpakai di siang hari. Air lemon juga berguna memperbaiki otot dan sendi, sehingga tubuh lebih rileks. Hal inilah yang membuat seseorang akan lebih mudah tidur pulas. Keesokan harinya saat terbangun, tubuh akan lebih segar dan berenergi. 

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, lemon bisa menjadi alternatif. Perasan lemon dicampur air dingin akan membantu membakar ekstra kalori. Ketika meminum air lemon dingin, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menghangatkan suhu. Hal ini bisa menaikkan metabolisme, dan membakar kalori.

Lemon juga mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Kandungaj vitamin C dalam lemon berguna sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, pemicu berbagai penyakit. Antioksidan juga menjaga rubuh dari virus dan bakteri. Selain itu kulit juga akan terlihat lebih sehat dan mulus. 

Rutin minum air lemon sebelum tidur juga baik untuk kesehatan pencernaan. Pasalnya air lemon membantu gerakan usus, meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi konstipasi, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan mengurangi kembung. Namun bagi Anda yang punya gangguan asam lambung dan maag sebaiknya tidak mengonsumsi air lemon. 

Perlu diingat, air lemon sangat asam. Itulah sebabnya sebaiknya saat dikonsumsi dicampur dengan air putih. Bisa air hangat atau dingin, tergantung selera. Selain itu sifat asam air lemon bisa merusak enamel gigi. Itulah sebabnya setelah mengonsumsi air lemon sanga dianjurkan segera menyikat gigi. 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF