Meski Pahit, Kopi Tanpa Gula Ternyata Lebih Sehat, Cegah Kanker, Diabetes, Penyakit Jantung dan Parkinson
berita
Kopi Pahit
31 August 2020 16:30
Watyutink.com – Apakah Anda suka minum kopi, bagaimana cara Anda menikmatinya? Kebanyakan orang menikmati kopi dengan dicampur gula atau susu. Hal ini untuk menghilangkan rasa pahit yang ada dalam kopi. Bahkan saat ini sudah banyak dijual kopi sachet yang sudah dilengkapi gula. Meski demikian, para pecinta kopi sejati mengakui kopi hitam tanpa gula tetap yang terbaik. Pasalnya tanpa gula dan susu, cita rasa kopi akan lebih terjaga. Selain tetap menampilkan cita rasa kopi, penyajian tanpa gula dan susu juga dikatakan lebih sehat.

Tahukah Anda, mengapa kopi tanpa gula dikatakan lebih sehat?

Kopi sejatinya adalah minuman sehat. Meski sebagian orang mengalami jantung berdebar atau gangguan pencernaan akibat minum kopi. Kopi diketahui mengandung beragam nutrisi, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan naicin. Selain itu kopi juga mengandung vitamin B2, B3, dan B5.

Kopi juga mengandung antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, penyebab beraneka macam penyakit kronis, termasuk kanker. Namun nutrisi dan vitamin itu akan terasa manfaatnya jika kopi dinikmati tanpa gula atau susu.

Para ahli kesehatan mengatakan, kopi pahit atau tanpa gula diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menjaga fungsi saraf dan meningkatkan daya ingat. Mengonsumsi kopi pahit tanpa gula terbukti secara kognitif mampu mencegah risiko penuaan yang berhubungan dengan saraf. Hal itu lantaran kandungan flavonoid yang ada dalam kopi.

Penelitian yang dilakukan John Hopkins University, Amerika Serikat menunjukkan mengonsumsi 200 mililiter kafein bisa membangun daya ingat selama 24 jam. Daya ingat yang stabil ini akan membantu meningkatkan memori pada otak manusia.

Kopi tanpa gula juga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes atau penyakin kencing manis. Pasalnya kopi murni tanpa gula dengan kafein bermanfaat untuk pembentukan hormon yang berguna mengatur pembentukan insulin. Kopi juga mengandung senyawa kromium yang berguna mengatus kada gula dalam tubuh.Selain itu kopi tanpa gula juga memperlancar metabolisme tubuh sehingga dapat mengurangi potensi penyakit diabetes.

Minum kopi tanpa gula juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pasalnya kopi tanpa gula mampu mencegah peradangan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan kalsium dan kalium dalam kopi pahit juga bermanfaat menguatkan otot jantung. Selain itu kopi tanpa gula juga mampu mengatasi sumbatan darah akibat makanan sehari-hari.  

Kopi tanpa gula juga bermanfaat mencegah penyakit kanker. Pasalnya kopi memiliki sifat anti kanker yang mampu menurunkan risiko penyakit yang paling ditakuti orang itu. Namun menurut para ahli, harus dipastikan kopi yang dikonsumsi tanpa gula atau susu sama sekali.

Kopi tanpa gula juga mampu membantu membakar lemak di perut. Pasalnya kopi pahit membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50 persen. Itulah sebabnya kopi tanpa gula sangat tepat dikonsumsi orang yang tengah menjalani program diet atau penurunan berat badan. Namun akan lebih baik jika disertai memperbanyak berolah raga.

Meminum kopi tanpa gula juga menjaga mood atau suasana hati tetap bagus. Kopi pahit juga membantu mengatasi depresi dan mencegah penyakit parkinson. Itulah sebabnya rutin minum kopi tanpa gula diyakini membuat tubuh awet muda.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF