Merasa Nyeri Sendi dan Tulang Sakit? Obati dengan ‘Pelumas' Alami Jahe, Rumput Laut dan Kolang-kaling
berita

04 November 2020 08:00
Watyutink.com – Salah satu gangguan kesehatan yang kerap dirasakan orang adalah nyeri sendi dan sakit tulang. Banyak orang menganggap nyeri sendi dan sakit tulang adalah wajar sehabis bekerja berat. Itulah sebabnya banyak orang yang tidak menganggap penting menyembuhkan kedua gangguan kesehatan itu. Kalaupun diobati cukup hanya dengan menggunakan krim atau obat oles di lutut, kaki, atau bagian lain yang terasa nyeri.

Padahal sebenarnya nyeri sendi dan sakit tulang tidak bisa dianggap remeh. Gangguan kesehatan ini harus dicegah dan disembuhkan. Salah satu cara penyembuhannya adalah dengan mengonsumsi ramuan alami.  

Tahukah Anda apa ramuan alami yang mampu menyembuhkan sakit tulang dan nyeri sendi?

Sendi adalah bagian tubuh yang menghubungkan antara satu tulang dengan tulang lainnya. Fungsi sendi sangat penting. Pasalnya tanpa adanya sendi mustahil kita bisa bergerak dengan lentur dan bebas. Tanpa sendi manusia akan sulit melakukan aktivitas, seperti berjalan, duduk, melipat tangan dan kaki, atau hanya sekadar menggerakkan jari.

Pada setiap sendi terdapat tulang rawan atau cartilage yang berfungsi melindungi tulang dari gesekan. Fungsi tulang rawan seperti pelumas atau bantalan yang memudahkan sendi bergerak sesuai fungsinya. Salah satu zat yang membentuk tulang rawan adalah glukosamin yang merupakan kompunen gula amino yang diproduksi secara alami. Selain pada tulang rawan, glukosamin juga banyak terdapat di organ hati dan ginjal.

Tulang rawan dilengkapi pula dengan matriks yang berfungsi menyerap air. Hal membuatnya mengembang dan menjadi ‘batal’ bagi sendi saat bergerak. Namun seiring pertambahan usia, kemampuan matriks mengembang akan menurun. Lama kelamaan, matriks bisa rusak dan akhirnya rusak. Akibatnya tulang rawan menjadi tak terlindungi dan akhirnya aus atau menipis.

Saat tulang rawan tak lagi terlindungi, gesekan antar tulang akan terasa sangat menyakitkan. Hal inilah yang kerap disebut sebagai nyeri sendi. Selain menyebabkan sakit yang luar biasa, sendi yang tak lagi mempunyai ‘bantal atau pelumas’ bisa menimbulkan gangguan lain, yakni pengapuran sendi atau osteoartritis.

Gangguan lain yang bisa terjadi adalah pembengkakan jaringan di dalam dan sekitar sendi. Kondisi ini terjadi akibat permukaan tulang yang tidak terlindungi namun tetap dipaksa untuk bergerak.

Kondisi tersebut jelas tidak bisa dibiarkan. Pasalnya lama kelamaan bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang semakin parah, seperti pembengkakan pembuluh darah, infeksi, bahkan kanker tulang. Itulah sebabnya kesehatan sendi harus selalu dijaga. Jangan sampai pelumas atau bantal sendi menipis apalagi rusak.

Untuk menjaga kesehatan sendi tidak harus menggunakan obat atau suplemen buatan pabrik. Beberapa bahan alami atau herbal bisa digunakan untuk menjaga kesehatan sendi.  Bahan tersebut adalah jahe, kolang-kaling, dan rumput laut.

Jahe dikenal kaya akan kandungan senyawa fenolat yang bersifat anti radang dan mencegah nyeri. Sedangkan rumput laut memiliki kandungan beragam mineral yang berguna untuk kesehatan seperti, magnesium, copper, zinc, riboflavin, niacin, thiamin, vitamin A, B12, B6, dan C. Selain itu rumput laut juga mengandung antioksidan flavonoid dan kalsium yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Demikian pula dengan kolang-kaling yang memiliki kandungan protein, karbohidrat dan serat yang juga bermanfaat bagi tubuh.

Untuk membuat ramuan atau wedang jahe, caranya sangat mudah. Ambil jahe seukuran ibu jari, kupas dan iris tipis-tipis. Bisa juga dengan diparut. Rebus dengan air secukupnya tapi jangan sampai mendidih. Masukkan gula aren, rumput laut dan kolang-kaling, lalu biarkan menjadi hangat. Minum secara rutin wedang jahe tersebut setiap hari. Jika terasa kurang manis, bisa ditambahkan madu.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF