Mengenal Kutil, Benjolan Kecil di Kulit yang Bisa Sebabkan Gatal, Sakit dan Pendarahan
berita

15 October 2019 17:14
Watyutink.com – Pernahkah Anda terserang kutil? Munculnya tonjolan atau benjolan kecil di beberapa bagian tubuh. Kutil memang membuat kita tidak nyaman. Pasalnya selain merusak penampilan kutil juga membuat kulit tidak nyaman saat bersentuhan dengan orang lain. Dalam beberapa kondisi kutil juga menghalangi kita melakukan berbagai kegiatan. Terlebih seringkali kutil muncul disertai rasa gatal.

Itulah sebabnya, setiap orang selalu berusaha menghilangkan kutil dari kulitanya.  

Tahukah Anda, apakah penyebab kutil dan bagaimana cara mengobatinya?

Kutil adalah infeksi pada permukaan kulit. Kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil berwarna pucat kecokelatan dan bertekstur kasar. Para ahli kesehatan menyebut kutil muncul disebabkan infeksi human papiloma virus (HPV). Virus ini muncul akibat tubuh memproduksi keratin lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh.

Keratin diketahui adalah protein penyusun rambut dan kuku. Kelebihan keratin inilah yang nantinya menumpuk di permukaan kulit, membantuk tekstur kasar yang disebut kutil atau sebaian orang menyebutnya caplak.

Virus HPV penyebab kutil bisa menular dengan mudah melalui sentuhan langsung dengan penderita. Penularan juga bisa terjadi lantaran menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus HPV. Namun penularan ini lebih banyak dipengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh  manusia. Jika kekebalan tubuh seseorang kuat, ia bisa terbebas dari kutil meski bersentuhan dengan penderita. Sebaliknya jika sistem imun seseorang sedang lemah maka dengan mudah kutil akan menyerang.  

Meski bisa menyerang segala usia, kutil umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Pasalnya anak-anak dan remaja sistem imunnya masih belum terlalu kuat. Kutil seringkali muncul di sekitar kuku, telapak dan jari-jari tangan, siku, dan kaki. Sebagian besar kutil berbentul bulat dan memiliki permukaan kasar. Namun ada pula yang berbentuk memanjang dan tipis. Diameter kutil biasanya antara 0,1 hingga satu sentimeter.

Para ahli kesehatan menyebut kutil bisa sembuh dengan sendirinya. Meski demikian hal itu memerlukan waktu yang cukup lama. Itulah sebabnya pengobatan tetap diperlukan. Terlebih jika sudah menimbulkan rasa gatal, sakit, dan menyebabkan pendarahan.

Pengobatan kutil bisa dilakukan dengan mengoleskan salep atau obat yang mengandung asam salisilat yang bisa dibeli secara bebas. Cara ini dirasa lebih efektif dibandingkan cara lain, seperti menempelkan plester atau pita perekan pada kutil. Cara ini hingga kini belum terbukti keberhasilannya.

Jika dengan salep asam salisilat kutil tidak kunjung sembuh, sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Dokter biasanya akan memberikan krim kulit yang mengandung zat lebih kuat. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas             Ironi yang Tak Pantas Dibiarkan Berulang             Pemerintah Harus Tunjukan Penggunaan Utang  Secara Produktif