Mengenal Kenitu, Buah Ajaib yang Sehatkan Tulang, Gigi, Pencernaan, Jantung dan Cegah Diebetes
berita
Buah Kenitu
11 February 2020 16:25
Watyutink.com – Banyak orang yang kurang mengenal buah kenitu. Padahal buah ini sebenarnya terdapat dibeberapa daerah di Indonesia. Buah kenitu selama ini banyak digunakan sebagai campuran pembuatan es krim atau serbat. Namun buah kenitu lebih nikmat dimakan langsung. Selain rasanya yang manis dan segar, kenitu juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya buah berwarna hijau ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah kenitu bagi kesehatan?

Entah mengapa buah ini jarang dikenal orang. Padahal kenitu banyak ditemui di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun buah ini memiliki nama yang bebeda di tiap dareah. Orang Jawa Timur menyebutnya kenitu, orang Madura mengenalnya sebagai manicu.

Kenitu termasuk dalam kelompok sawo-sawoan atau bahasa lainnya Sapotaceae. Itulah sebabnya beberapa daerah di Jawa menyebut kenitu sebagai sawo apel, sawo duren, dan sawo hijau. Orang Sunda menyebutkan sawo hejo, orang Banten menyebutnya sawo kadu dan orang Lampung mengenalnya sebagai sawo manila.

Di Filipina, kenitu dikenal dengan nama cainito. Orang Thailand menyebutnya sataa appoen dan orang Malaysia memberinya nama sawu duren atau pepulut.

Buah yang pohonnya bisa mencpai 30 meter ini menurut para ahli memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Dalam 236 gram kenitu segar terandung 67 kalori. Itulah sebabnya kenitu sangat baik untuk menjaga berat badan. Selain itu kenitu juga tidak mengandung lemak yang membuatnya aman bagi jantung dan digunakan sebagai camilan atau makanan sehari-hari.

Dalam sebutir buah kenitu terkandung tiga gram serat. Jumlah itu sudah mencukupi sebagai asupan serat harian tubuh. Sehingga kenitu sangat tepat bagi orang yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Pasalnya kenitu bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan mencegah orang makan terlalu banyak. Selain itu nutrisi dalam kenitu juga bermanfaat menurunkan risiko diabetes.

Kadungan serat dalam kenitu juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ pencernaan. Kenitu diyakini dapat menghindarikan pemakannya dari penyakit diare dan susah buang air besar atau sembelit. Selain itu rutin mengonsusi kenitu juga memperlancar kerja usus.

Kenitu juga dikenal kaya akan kandungan kalisum dan zat besi. Mengonsumsi sebutir kenitu sudah mencukupu sekiyat 10 persen dari kebutuhan kalsium harian tubuh. Itulah sebabnya kenitu sangat baik digunakan untuk menyehatkan tulang dan gigi. Bagi para wanita, mengonsumsi kenitu bisa membantu mengurangi gejalan sindrom pra menstruasi atau PMS, seperti kram dan perut kembung.

Sedangkan kandungan vitamin A dan C dalam kenitu mampu mencukupi sekitar lima persen kebutuhan harian tubuh. Hal yang sama dengan zat besi dalam kenitu yang berfungsi penting untuk oksigenasi dalam tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Tauhid Ahmad

Executive Director INDEF

Agus Herta Sumarto

Peneliti INDEF

Deniey Adi Purwanto

Peneliti INDEF