Mengenal Garam Himalaya, Garam Merah Muda dengan Segudang Manfaat
berita

27 December 2019 16:52
Watyutink.com – Saat ini sedang ramai dibicarakan orang tentang garam Himalaya. Garam yang berwarna merah muda atau pink ini dipercaya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Pasalnya garam ini diyakini mengandung banyak mineral yang tidak dimiliki garam biasa. Itulah sebabnya garam himalaya banyak digunakan untuk pengobatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat garam Himalaya?

Berbeda dengan garam biasa yang diambil dari laut, garam himalaya justru didapat dari atas gunug. Seperti namanya, garam Himalaya berasal dari wilayah disekitar gunung tertinggi di dunia itu. Tambang garam himalaya terbesar kedua berada di Khewra Salt Mine, di kaki Pegunungan Himalaya, Pakistan.

Garam himalaya juga tidak melalui pemrosesan, sehingga tidak ada zat tambahan didalamnya. Itulah sebabnya garam himalaya diyakini sebagai garam termurni di dunia. Pasalnya garam ini telah terkubur selama ribuan tahun di bawah lapisan lawa, salju dan es. Hal inilah yang menyebabkan garam himalaya berwarna merah muda.

Garam himalaya juga memiliki kandungan natrium yang lebih rendah dibanding garam lain. Dalam seperempat sendok makan garam himalaya terkandung 420 miligram natrium, jauh di bawah garam lain yang mengandung 600 miligram natrium. Itulah sebabnya garam himalaya baik dikonsumsi penderita hipertensi atau darah tinggi. Selain itu garam himalaya aman bagi penderita gagal jantung kongsetif, penyakit ginjal dan sirosis hati.

Salah satu mineral yang banyak terkandung dalam garam himalaya adalah zat besi. Selain itu garam himalaya juga mengandung 80 jenis mineral berbeda, seperti magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, dan boron. Selain itu ada pula mineral fluoride, yodium, seng, selanium, tembaga dan banyak lagi meneral yang dikandungnya.

Garam himalaya juga memiliki zat antimikroba. Itulah sebabnya garam pink ini sangat bagik digunakan untuk mengawetkan makanan. Di lain pihak, zat antimikroba dalam garam himalaya juga sangat baik untuk melawan infeksi. Penelitian yang pernah dilakukan membuktikan asupan natrium yang terdapat dalam garam himalaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan.

Garam himalaya juga bermanfaat mencegah tubuh terserang dehidrasi. Seperti diketahui, tubuh membutuhkan elektrolit untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Mengonsumsi garam himalaya diyakini dapat menjaga hidrasi atau kecukupan cairan dalam tubuh.

Selain itu garam himalaya juga dapat memperlancar fungsi saraf dan otot. Rutin mengonsumsi garam himalaya dalam jumlah tepat, diyakini dapat mencegah kram dan masalah otot lainnya.

Selain menyeimbangkan cairan, garam himalaya juga bermanfaat menyeimbangkan pH tubuh. Pasalnya zat natrium dalam menetralkan asam dalam tubuh. Akibatnya pH tubuh pun menjadi lebih baik dan seimbang.

Saat pH seimbang, kekebalan tubuh pun menjadi lebih baik. Selain itu kepadatan tulang juga menjadi lebih baik. Fungsi dan kerja organ ginjal juga menjadi lebih baik. Garam himalaya juga bermanfaan menetralkan asam lambung yang berlebihan. Pasalnya garam himalaya juga berfungsi sebagai antasida yang dibutuhkan untuk kesehatan lambung. 

Garam himalaya juga menjadi sarana yang tepat untuk detoksifikasi atau membuang racung dari dalam tubuh. Caranya dengan berendam dalam air hangat yang diberi taburan garam himalaya. Racun dalam tubuh akan keluar melalui kulit dan jaringan lemak. Berendam dalam air garam himalaya juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang setelah beraktivitas.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)