Mengenal ‘Benda Asing’ Penyelamat Jantung
berita

21 November 2019 13:37
Watyutink.com – Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Fungsinya sebagai ‘alat pompa’ darah ke seluruh tubuh menjadikan jantung sangat vital. Itulah sebabnya kondisi dan kesehatan jantung wajib dijaga. Pasalnya sedikit saja masalah pada jantung bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal, bahkan kematian.

Di sisi lain, tuntutan hidup saat ini kian berat. Pekerjaan dan kesibukan kadang membuat orang lupa menjada kesehatan tubuh, termasuk jantung. Akibatnya gangguan jantung pun kerap terjadi. Mau tak mau tindakan medis harus dilakukan guna menyelamatkan seseorang dari kondisi yang lebih buruk.

Untuk mengembalikan jantung agar berfungsi dengan baik, para dokter sering kali harus memasang beberapa ‘benda asing.’

Tahukah Anda, apa saja ‘benda asing’ yang sering digunakan untuk mengembalikan fungsi jantung?

Alat atau benda pertama yang sering digunakan untuk menyelamatkan penderita sakit jantung adalah stent. Alat yang juga disebut cincing atau ring berbentuk seperti jala atau tabung kecil berfungsi membuka saluran pembuluh darah yang mampet atau tertutup. Pemasangan ring biasanya dilakukan pada penderita panyakit jantung koroner.

Ring juga dipasang pada penderita gangguan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan plak. Biasanya plak menumpuk akibat kolesterol atau zat-zat lain yang menempel di dinding pembuluh darah. Dalam beberapa kasus, seseorang bisa dipasangi ring hingga lebih dari satu.

Benda lain yang juga sering dipasang untuk menyelamatkan jantung adalah alat pacu jantung atau pacemaker. Alat pacu jantung umumnya sebesar korek api dan ditanamkan di balik kulit di area dada di bawah tulang selangka. Alat ini digunakan untuk pasien yang mengalami denyut jantung tidak normal, seperti detak jantung lambat, bekas operasi, kondisi setelah terkena serangan jantung dan keracunan obat.

Pemasangan pacemaker diharapkan membuat ritme atau detak jantung menjadi normal kembali. Sehingga jantung dapat kembali berfungsi memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Melalui kabel-kabel yang ada, alat pacu jantung akan mengirimkan dorongan listrik ke jantung. Alat ini diatur sedemikian rupa agar gelombang listrik yang keluar membuat jantung berkontraksi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Benda lain yang kerap digunakan untuk ‘menyelamatkan’ pasien adalah jantung buatan. Alat yang juga disebut jantung portable ini pada mulanya ukuranya sangat besar. Namun seiring perkembangan jaman, jantung portable kini berukuran lebih kecil dan menyerupai jantung.

Alat ini biasanya digunakan oleh pasien sakit jatung yang sudah lama tahap parah. Ditandai dengan beraktivitas sebentar saja, seperti berjalan kaki, pasien tersebut sudah kelelahan.

Mengingat begitu pentingnya fungsi jantung, sudah selayaknya kita menjaganya dengan baik. Caranya dengan selalu menjalankan pola hidup sehat. Makanlah makanan sehat yang tidak mengandung lemak. Rajinlah berolah raga dan tinggalkan rokok serta minuman keras.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir