Mengapa Helm Selalu Bulat?
berita
Sumber Foto : motorexpertz.com (gie/watyutink.com)
06 November 2018 17:00
Anda biasa mengendarai sepeda motor. Anda wajib pakai helm demi keselamatan diri. Bentuk helm pun tidak boleh asal-asalan tapi harus berstandar SNI. Ingat, ini demi keselamatan Anda sendiri.

Lazimnya helm yang kita pakai berbentuk bulat dan tanpa sudut. Baik helm full face maupun half face. Tahukah Anda mengapa helm bentuknya selalu bulat dan licin?

Ternyata bentuk helm yang bulat dan licin dipercaya mampu melindungi kepala saat terjadi benturan. Sakaguchi Yasuhiro, General Manager Arai Helmet Ltd, Jepang mengatakan saat terjatuh kita sulit memprediksi arah benturan. Oleh karena itu bentuk helm harus sesuai dengan bentuk kepala. Helm bulat dengan permukaan licin bisa mengulur waktu benturan. Bila licin, maka energi kinetik tidak akan terserap di satu titik, melainkan dapat diserap di berbagai tempat.

Harry Suherman, Presiden Direktur Cargloss Proriders (CPR), mengatakan adanya tonjolan pada bentuk helm sangat berbahaya jika terjauh apalagi terseret di aspal. Saat terjatuh, helm berbentuk bulat bisa mempermudah pergerakan pengendara. Bukan hanya mengamankan kepala, helm juga bisa melindungi leher dari kemungkinan cidera atau patah.

Maka, jangan sembarangan memilih helm.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Nyoman Sudarsa

Ketua DPW KOMBATAN Provinsi Bali

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Kartu Nikah Tidak Diperlukan             Penggunaan Pembayaran Online Harus Memiliki Regulasi             Reformasi Struktural: Darimana Kita Memulai?             Kemenag Perlu Jelaskan Manfaat Kartu Nikah             Focus ke Penetrasi Ekspor Produk Bernilai Tambah Tinggi             Gerindra dan PDIP Diuntungkan pada Pemilu 2019             Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-1)              Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-2)             Masih Ada Waktu untuk Perbaharui Komitmen             Penguatan Upaya Pemberantasan Korupsi