Matoa, Buah Asli Papua yang Sehatkan Jantung, Cegah Kanker, Infeksi Virus, dan Jerawat
berita
Buah Matoa
16 August 2020 18:00
Watyutink.com - Buah matoa memang tidak sepopuler mangga, rambutan, atau apel. Padahal matoa adalah buah asli Nusantara, tepatnya tanah Papua. Buah matoa memiliki rasa yang manis layaknya rambutan.

Namun yang lebih hebat dari buah matoa adalah manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Hal ini lantaran matoa kaya akan zat dan nutrisi yang baik untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah matoa bagi kesehatan?

Pohon matoa memiliki nama ilmiah pometia pinnata. Pohon khas pulau Papua ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 meter. Buah matoa berbentuk lonjong, bertekstur kenyal dan berwarna bening seperti rambutan, kelengkeng atau leci. Rasanya pun juga hampir sama dengan ketiga buah tersebut.

Para ahli kesehatan menyebut buah matoa kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, tanin dan antioksidan. Itulah sebabnya buah matoa bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menangkal penyakit kanker. Pasalnya matoa kaya akan zat antioksidan yang berguna melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas pemicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker.

Antioksidan yang dihasilkan vitamin C dan E mampu mencegah sel kanker berkembang dan menjalar ke bagian tubuh. Zat tanin yang terdapat pada buah matoa juga merupakan antioksidan yang mampu mencegah perkembangan sel kanker.

Buah matoa juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung sekaligus mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.  Kandungan vitamin C dalam buah matoa dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat melancarkan peredaran darah. Sehingga menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit stroke.

Vitamin E dan C dalam buah matoa juga mampu mencegah penyakit jantung koroner. Kedua vitamin itu juga berperan mencegah degenerasi sel-sel dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Buah matoa juga sangat baik digunakan untuk mempermuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal ini akibat kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah matoa. Selain itu, buah matoa juga bermanfaat meningkatkaj stamina. Itulah sebabnya orang yang gemar berolah raga atau melakukan aktivitas berat sangat tepat rutin mengonsumsi buah matoa.

Buah yang berbunga pada Juli hingga Oktobet dan berbuah tiga atau empat bulan kemudian ini juga ampuh melawan infeksi virus dan bakteri. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah matoa mampu memberikan perlindungan yang sempurna terhadap infeksi virus.

Sedangkan senyawa tanin pada buah matoa berguna menghambat pertumbuhan bakteri. Tanin akan menghalangi pertumbuhan enzim dan DNA yang penting bagi bakteri. Akibatnya perkembangan bakteri dalam tubuh bisa dicegah

Rutin mengonsumsi buah matoa juga berdampak baik bagi kesehatan kulit. Buah matoa diyakino mampu memperbaiki dan melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet (UV).  Kandungan vitamin C dan E buah matoa dapat melembapkan kulit dan elastis. Vitamin C dalam buah matoa mampu memproduksi kolagen yang berguna  menjaga elastisitas kulit.

Sedangkan antioksidan akan mendorong regenerasi sel kulit yang optimal sehingga wajah terlihat lebih muda. Sifat antimikroba yang dimiliki buah matoa juga bermanfaat mencegah timbulnya jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat buah matoa, caranya cukup dengan rutin memakannya. Tapi sebaiknya imbangi dengan melaksanakan pola hidup sehat dan rajin berolah raga. Tak lupa banyak minum air putih.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF