Mata Tiba-tiba Nyeri, Berair dan Silau, Hati-hati, Bisa Jadi Anda Terserang Penyakit Skleritis
berita
Sumber Foto : klikdokter.com
30 August 2019 17:05
Watyutink.com – Pernahkah Anda mengalami tiba-tiba mengeluarkan air mata, padahal tidak sedang menonton film romantis atau terharu. Anda juga tidak sedang sedih hingga terpaksa harus menangis. Atau pernahkah mata Anda tiba-tiba merasa nyeri dan disertai adanya tonjolan kecil di area mata yang berwarna putih.

Jika pernah, sebaiknya Anda berhati-hati dan jangan dianggap sepele. Bisa jadi Anda sedang terserang penyakit  skleritis.

Tahukah Anda, apa itu penyakit skleritis yang menyerang mata?

Skleritis adalah peradangan yang terjadi pada sklera atau bagian bola mata. Skleritis bukanlah penyakit ringan dan bisa dianggap sepele. Jika tidak segera ditangani skleritis bisa memicu gangguan mata yang lebih berat. Bahkan dalam kondisi yang parah bisa mengakibatkan kebutaan.

Sklera adalah lapisan luar mata yang berwarna putih dan keras. Bagian ini tersusun dari serabut jaringan ikat dan membentang dari tepi kornea hingga ke saraf optik di belakang mata.

Hingga saat ini para ahli belum bisa menentikan secara pasti apa penyebab penyakit skleritis. Namun banyak yang mengaitkan dengan terjadinya peradangan dalam tubuh yang bisa disebabkan penyakit autoimun seperti lupus dan rheumatoid arthritis. Para ahli juga menduga adanya parasit pada mata juga memicu skleritis.

Selain itu faktor usia juga meningkatkan risiko terkena penyakit skleritis. Pasalnya penyakit ini umumnya menyerah seseorang yang berusia diatas 40 tahun dan sebagian besar adalah wanita.

Riwayat kesehatan seperti pernah menderita penyakit jaringan ikat, seperti vaskulitis juga menjadi pemicunya. Selain itu orang yang pernah mengalami cidera dan infeksi mata serta operasi mata juga berisiko terserang skleritis.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti mata terasa nyeri dan pandangan menjadi kabur. Mata pun menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Seringkali disertai mata menjadi berwarna kemerahan dan kerap mengeluarkan air. Jika dirasakan seolah ada tonjolan kecil pada bagian putih dari bola mata.

Jika merasa mengalami kondisi tersebut, Anda wajib waspada. Hindari melakukan hal-hal yang bisa memperburuk kondisi mata, seperti mengucek mata. Hindari pula menggunakan softlens dan make up berlebihan pada mata.

Selama menderita kondisi tersebut sebaiknya gunakan kacamata hitam saat berpergian. Hal ini untuk melindungi mata dari kontaminasi. Selain itu mata juga lebih nyaman dari sinar matahari yang bisa menyilaukan.

Jika Anda mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Skleritis bukanlah penyakit ringan yang bisa dirawat atau diobati di rumah. Skleritis adalah penyakit serius yang membutuhkan penanganan intensif dokter ahli mata.

(cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

M. Rizal Taufikurahman, Dr.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter             Perkuat Industri Karet, Furnitur, Elektronik Hadapi Resesi             Skala Krisis Mendatang Lebih Besar dari 1998