Mata Anda Lelah? Enam Gerakan Ini Solusinya
berita
Sumber Foto : braito.co.id
19 September 2019 10:07
Watyutink.com – Era digital seperti sekarang ini, memaksa kita untuk selalu berhadapan dengan komputer atau smartphone setiap hari. Tanpa disadari hal ini membuat mata kita jadi cepat lelah. Tapi tenang, ada beberapa gerakan latihan simpel untuk mengatasi mata lelah yang bisa Anda lakukan tanpa keluar biaya maupun keringat.

Tahukah Anda enam gerakan latihan simpel untuk atasi mata lelah?

Eye Press

Tutup mata Anda sembari tarik nafas panjang. Setelah itu, letakkan jari disetiap kelopak mata dan tekan dengan sangat ringan selama 10 detik. Kemudian lepaskan tekanan selama dua detik. Lakukan gerakan ini bebrapa kali sampai dirasa mata lebih ringan.

Rub Down

Duduk atau berdiri dengan nyaman, lalu gosok kedua telapak tangan sampai terasa hangat. Kemudian tutup mata dan letakkan telapak tangan diatas kelopak mata. Sensasi hangat dari telapak tangan dapat merilekskan syaraf-syaraf mata. Pastikan Anda tidak menekannya dengan keras ya.

Yoga Kelopak Mata

Baca Juga

Duduk dengan nyaman, lalu pijat kelopak mata bagian bawah dengan jari manis. Pemijatan dilakukan bertahap mulai dari tepi bagian dalam bergerak kearah luar.

Palming

Duduk dengan nyaman di kursi dengan siku tetap berada dia atas meja. Lalu dengan masing-masing telapak tangan, tangkupkan mata dengan sedikit menekuk telapak tangan. Barengi gerakan ini dengan tarikan dan hembusan nafas secara perlahan dan santai. Lakukan gerakan ini selama 30 detik.

Pijat Mata

Rilekskan badan, kemudian miringkan kepala sedikit ke belakang sembari menutup mata. Letakan jari telunjuk dan tengah dengan lembut di atas kelopak mata. Jari sebelah kanan digerakan berlawanan arah jarum jam, sedangkan jari sebelah kiri searah jarum jam. Ulangi gerakan ini sebayak 10 kali.

Berkedip

Menatap komputer terlalu lama biasanya membuat mata jarang berkedip. Ternyata berkedip membantu relaksasi otot-otot mata dan meningkatkan konsentrasi, loh.

Jangan lupa istirahatkan mata ya.

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir