Masak Cempedak jadi Gulai, Obati Malaria, Sehatkan Pencernaan, Tulang, dan Kulit
berita
Cempedak
21 August 2020 17:35
Watyutink.com - Buah cempedak sudah banyak dikenal orang. Rasanya yang manis menjadi ciri khas buah yang mirip dengan nangka ini. Itulah sebabnya cempedak sangat digemari orang.

Namun banyak orang yang tidak mengetahui ternyata cempedak adalah buah sehat. Pasalnya buah ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat cempedak bagi kesehatan?

Cempedak diketahui kaya akan kandungan nutrisi, seperti asam askobat, bioflanonoid, dan antioksidan. Selain itu cempedak juga memiliki kandungan vitamin A dan C serta beberapa enzim lainnya yang berguna untuk kesehatan.

Itulah sebabnya, cempedak mampu menjadi obat bagi beberapa penyakit seperti, malaria. Kandungan bioflavonoid yang terkandung dalam daging dan kulit cempedak dikenal ampuh mengatasi penyakit malaria.

Cempedak juga kaya akan kandungan serat. Itulah sebabnya mengonsumsi cempedak bisa menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang melimpah membuat cempedak mampu memperlancar fungsi usus. Beberapa ahli bahkan tengah meneliti manfaat buah ini untuk mencegah kanker usus.

Bagi Anda yang sering mengalami kram dan otot kaku, cempedak bisa menjadi solusi. Pasalnya nutrisi dan zat-zat dalam buah cempedak ampuh mengatasi masalah otot. Selain itu cempedak juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, tulang, dan gigi.

Rutin makan cempedak juga membawa akibat baik bagi kesehatan kulit dan wajah. Nutrisi dalam cempedak menjadikan kulit lebih kencang dan bebas kerutan. Wajah akan terlihat lebih segar dan terjaga kesehatannya.

Cara termudah mendapatkan manfaat buah cempedak adalah dengan memakannya secara langsung. Tapi buah cempedak juga bisa diolah menjadi masakan, salah satunya adalah gulai cempedak.

Siapkan satu buah cempedak ukuran sedang dan satu buah kelapa untuk diambil santannya. Siapkan pula bahan pembuat bumbu berupa 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah cabai merah besar, 6 buah cabai merah keriting, 1 ruas jahe, 1/2 ruas kunyit, 1 sendok makan ketumbar bubuk, 1 sendok teh merica bubuk, 2 lembar daun salam, 1 batang serai (geprek), 2 sendok makan kaldu bubuk, serta gula, garam, dan pala secukupnya.

Kupas dan potong buah cempedak lalu rebus hingga setengah matang. Jika mulai empuk angkat lalu tiriskan. Potong tahu lalu goreng dan sisihkan. Uleg atau blender semua bumbu kecuali cabai merah, daun salam, dan serai. Setelah halus tumis sampai harum.

Masukkan cempedak dan tahu dalam tumisan. Tambahkan air secukupnya bersama daun salam, serai, dan cabai merah. Tuang santan dan masukkan pula gula, garam, dan kaldu bubuk.

Tunggu hingga empuk dan bumbu meresap sempurna. Setelah itu angkat dan sajikan

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF