Manfaat Tak Terduga Buah Cermai, Cegah Kanker, Diabetes, Penyakit Jantung, dan Tingkatkan Vitalitas Pria
berita
Buah Cermai
09 September 2020 16:45
Watyutink.com – Salah satu buah yang banyak dikenal masyarakat adalah cermai. Di beberapa daerah di Jawa buah ini juga disebut cerme. Buah cermai berukuran kecil dan berwarna hijau kekuningan saat sudah matang. Buah yang memiliki nama internasional Gooseberry ini termasuk dalam keluarga buah berry. Itulah sebabnya buah cermai masih ‘bersaudara’ dengan strawberry dan blueberry. Rasanya pun tak jauh beda, asam cenderung sepat.

Buah cermai diketahui kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Itulah sebabnya buah ini diyakin bisa menjadi obat bagi berbagai penyakit. Rutin mengonsumsi cermai akan membuat tubuh bugar dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah cermai untuk kesehatan?

Buah cermai diketahui kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu buah yang bernama latin Phyllanthus acidus ini juga mengandung vitamin lainnya, seperti A, B1, B6, dan B9. Kandungan mineral dalam cermai juga tak kalah banyak, yakni kalium, potasium, kalsium, fosfor, tembaga, kromium, magnesium, dan mangan.

Buah cermai juga memiliki kandungan senyawa tannin, quercetin dan flavonoid. Senyawa tersebut mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang berguna melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas pemicu berbagai penyakit, termasuk kanker. Terlebih cermai mengandung polifenol dan vitamin C yang berguna melindungi sel-sel tubuh agar tetap sehat.

Buah cermai juga mampu melindungi organ hati dari kerusakan oksidatif akibat pengaruh bahan kimia dan alkohol.

Kandungan antioksidan dalam cermai juga berguna menjaga kesehatan jantung. Pasalnya cermai bisa menjaga kadar kolesterol darah tetap normal. Selain itu kandungan nutrisi dalam cermai juga mampu menghambat peningkatan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Buah cermai juga mampu mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah arteri atau aterosklerosis. Hal bisa mencegah terjadinya serangan jantung.

Buah cermai juga berguna mencegah penyakit diabetes atau kencing manis. Pasalnya cermai mengandung polifenol yang mampu melindungi tubuh dari sifat oksidatif gula dalam darah. Hal ini juga mencegah resistensi urine. Selain itu buah cermai juga dapat membantu dalam penyerapan insulin yang berguna untuk penurunan kadan gula dalam darah.

Buah cermai juga bermanfaat untuk keharmonisan rumah tangga lantaran mampu meningkatkan vitalitas pria. Pasalnya buah cermai mampu meningkatkan motilitas atau kemampuan sperma bergerak. Mengonsumsi cermai juga mampu meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Hal ini berguna bagi pria yang menderita oligospermia, yakni kondisi seorang pria yang memiliki sperma sedikit.

Buah cermai juga berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya cermai kaya akan kandungan serat, polifenol, dan air. Selain itu cermai memiliki sifat anti-inflmasi yang bisa menyembuhkan sakit perut. Kandungan senyawa dalam cermai juga mampu mengobati penyakit akibat asam lambung.

Buah cermai juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit dan wajah. Kandungan vitamin A dalam cermai akan meningkatkan produksi kolagen yang dibutuhkan kulit agar tetap elastis dan kencang. Rutin mengonsumsi cermai juga berguna mencegah kulit mengalami penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat buah cermai bisa dengan mengonsumsinya secara langsung. Atau juga bisa dengan mengolahnya menjadi jus, es buah atau manisan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF