Manfaat Tak Terduga Biji Semangka, Cegah Serangan Jantung, Obati Diabetes, Alzheimer, dan Gangguan Kesuburan Pria
berita
Biji Semangka
01 November 2020 18:18
Watyutink.com - Manfaat buah semangka untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Beragam nutrisi dalam buah semangka sangat beragam. Kandungam vitamin, serat dan air yang sangat banyak membuat buah berwarna merah ini sangat baik dikonsumsi secara rutin.

Ternyata selain daging buahnya, biji semangka juga berkhasiat untuk kesehatan. Pasalnya biji semangka juga memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh. Berbagai gangguan kesehatan bisa diatasi dengan mengonsumsi biji semangka.

Tahukah Anda, apa saja manfaat biji semangka bagi kesehatan?

Biji sangka diketahui memiliki kandungan vitamin A, B, dan C. Selain itu biji berukuran sujung kuku berwarna hitam ini juga kaya akan kandungan mineral dan nutrisi seperti magnesium, zat besi, protein dan mengandung asam amino, triptofan, asam glutamat, lisin dan arginin. Hal ini membuat biji semangkan berguna menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh sekaligus mencegah penyakit.

Kandungan arginin diketahui dapat membantu mengatur tekanan darah dan mengobati penyakit jantung koroner. Sedangkan elektrolit dan magnesium berguna jantung tetap berfungsi dengan baik. Magnesium juga membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap gangguan kardiovaskular, seperti aterosklerosis, aritmia ventrikel, dan kematian jantung mendadak. 

Kandungan kalium dalam biji semangka membantu menjaga cairan dan volume darah, mengatur tekanan darah dan melindungi terhadap stroke dan penyakit jantung.

Biji semangka juga berguna mengatasi penyakit diabetes atau kencing manis. Pasalnya magnesium dalam biji semangka bisa membantu meningkatkan kontrol glikemik dan mengurangi risiko diabetes. Jika kadar magnesium rendah tubuh akan lebih berisiko terserang diabetes.

Biji semangka diketahui memiliki fungsi sebagai antidiabetik yang mampu  menurunkan kadar glukosa plasma. Biji semangka mengandung asam lemak omega-6 yang dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

Sedangkan kandungan seng dalam biji semangka juga memliki efek glikemik. Sehingga bisa mempengaruhi fungsi insulin dan metabolisme karbohidrat. Itulah sebabnya mengonsumsi biji semangka berguna bagi penderita diabetes.

Biji semangka juga berguna meningkatkan keseburan pria. Kandungan seng dalam biji semangka berguna meningkatkan kualitas sperma pria infertil. Seng juga berperan meningkatkan sistem reproduksi pria.

Kekurangan seng pada pria diketahui kerap menjadi pemicu gangguan kesuburan pria atau infertil. Biji semangka juga mengandung mangan yang penting untuk meningkatkan kesuburan pria.

Biji semangka juga mampu meningkatkan daya ingat dan menyehatkan otak. Magnesium dalam biji semangka berguna mengurangi penuaan dan mencegah penyakit Alzheimer. Kadar seng yang cukup tinggi dalam biji semangka juga mampu  mengobati berbagai penyakit otak dan bahkan beberapa bentuk skizofrenia. Salah satu vitamin B yang mengandung biji semangka adalah niasin. Vitamin ini juga penting untuk sistem saraf.

Untuk mendapatkan manfaatnya, biji semangka dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur. Setelah benar-benar kering, tumbuk sampai halus dan menjadi serbuk. Seduh serbuk biji semangka dengan air panas dan minum saat hangat. Bisa juga dengan mencampurkannya dalam air teh. Biji semangka juga bisa diolah menjadi kuaci  dan dimakan selayaknya camilan.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF