Manfaat Susu Kambing yang Tak Banyak Diketahui, Sehatkan Jantung, Pencernaan, dan Cegah Hipertensi
berita

15 November 2019 13:10
Watyutink.com – Selama ini kita hanya mengenal susu sapi sebagai sumber nutrisi hewani berbentuk cair. Manfaat dan kegunaan susu sapi sebagai asupan gizi pun tak perlu diragukan lagi. Semua pakar kesehatan sepakat susu sapi  memberikan efek positif jika dikonsumsi rutin setiap hari.

Ternyata, hewan yang menghasilkan susu bukan hanya sapi. Hewan ternak lain, juga ada yang mengasilkan susu, yakni kambing. Sayangnya susu kambing tidak sepopuler susu sapi. Padahal manfaat susu kambing pun tak kalah dengan susu sapi.

Tahukah Anda, apa saja manfaat susu kambing bagi kesehatan?

Semua heran ternak, seperti sapi, kambing, kerbau, kuda, dan sebagainya diketahui menghasilkan susu. Pasalnya hewan-hewan ternak tersebut juga melahirkan anaknya yang membutuhkan susu. Namun selama ini kita hanya mengenal susu sapi.

Beberapa orang mungkin pernah mendengar susu kambing. Namun tidak banyak yang pernah mencobanya. Tidak seperti susu sapi yang banyak dijual di pasaran, susu kambing sangat jarang ditemukan. Bisa jadi karena produksi susu kambing juga tidak sebanyak susu sapi.

Meski jarang ditemui, banyak ahli mengakui manfaat susu kambing tak kalah dengan susu sapi. Kandungan nutrisi dalam susu kambing juga cukup lengkap, seperti lemak, protein, kalsium, vitamin A dan vitamin C. Itulah sebabnya susu kambing memiliki manfat yang baik untuk kesehatan.

Beberap penelitian menyebutkan susu kambing baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya susu kambing memiliki kandungan kalium yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Pada takaran yang sama, susu kambing mengandung 160 miligram kalium. Lebih tinggi dibanding susu sapi sebanyak 149 miligram.

Kalium dalam susu kambing dapat mengurani kadar natrium dalam tubuh. Natrium diketahui adalah zat yang dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Padahal semakin tinggi tekanan darah semakin keras pula kerja jantung dalam memompa darah. Sebaliknya jika tekanan darah stabil, kerja jantung pun menjadi lebih ringan. Akibatnya jantung pun menjadi lebih sehat.  

Kalium dalam susu kambung juga bisa menjaga kesehatan sel tubuh, seperti sel otot, sel darah merah, hati, dan tulang. Jika asupan kalium terjadi maka sel-sel tubuh akan berkambang dengan baik. Kesehatan tubuh pun menjad lebih baik.

Selain kalium, susu kambing juga mengandung asam amino tripofan yang bermanfaat menjaga kesehatan sistem saraf. Asam amino juga dapat membantu pembentukan hormon serotonin yang berfungsi mengatur suasana hati.

Sedangkan kandungan prebiotik dalam susu kambing sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Prebiotik adalah unsur yang sangat penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh yang menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Bagi Anda yang memiliki masalah atau gangguan tidur, susu kambing bisa menjadi solusi. Asam amino triptofan dalam susu kambing dapat memproduksi hormon serotonin yang dapat merangsang otak. Sehingga waktu tidur dan bangun bisa dikendalikan dengan baik. Mengonsumsi susu kambing diyakini membuat tidur lebih nyenyak. Saat bangun, tubuh pun merasa lebih segar.

Meski baik untuk kesehatan, ada hal yang perlu dipersatikan saat minum susu kambing. Menurut penelitian, susu kambing bisa mendetoksifiksi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Itulah sebabnya beberapa orang  kadang akan merasa mual, perut kembung dan diare setelah minum susu kambing. Namun gejala tersebut bisa hilang dengan sendirinya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir