Manfaat Sayur dan Buah Warna Kuning-Oranye, dari Sehatkan Kulit Hingga Cegah Kanker
berita
Sumber Foto : Sindonews.com
30 October 2019 16:10
Watyutink.com – Sayuran dan buah berwarna kuning-orange mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Secara umum, sayur dan buah yang berwarna kuning-orange mengandung alpha karoten, beta karoten, antioksidan, vitamin C, flavonoid, zeaxanthin, potassium, lycopene, serta serat. Kandungan tersebut dipercaya tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga mempercantik kulit.

Tahukah Anda manfaat mengkonsumsi sayur dan buah berwarna kuning-orange bagi kesehatan tubuh?

Menurut penelitian di Institut Penelitian Medis Weztmead, vitamin C dalam sayur dan buah berwarna kuning-orange mampu mencegah gangguan mata (generasi makula). Sedangkan kandungan beta karoten mampu meningkatkan kesehatan mata dengan cara mencegah infeksi mata dan kondisi kesehatan serius lainnya.

Baca Juga

Tidak hanya mencegah gangguan mata, vitamin C dipercaya mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Selain itu dengan bantuan vitamin C dan antioksidan, tubuh mampu memproduksi kolagen (protein yang ada di kulit) lebih banyak. Kolagen berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, serta memberikan kulit yang halus dan lembut. Mengkonsumsi secara rutin dapat menjadikan kulit senantiasa awet muda.

Perpaduan antara vitamin C, lutein, dan beta karoten efektif dalam mengobati kanker prostat. Selain itu dengan mengkonsumsi sayur dan buah berwarna kuning-orange secara rutin dapat menjaga kesehatan prostat.

Perpaduan antara vitamin A, vitamin C, dan lycopene mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Hal ini secara tidak langsung dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, tubuh yang terlindung dari radikal bebas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi kerusakan sel secara efektif.

Kandungan serat dalam sayur dan buah berwarna kuning-orange mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Sehingga penyerapan nutrisi makanan lebih maksimal, serta terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas             Ironi yang Tak Pantas Dibiarkan Berulang             Pemerintah Harus Tunjukan Penggunaan Utang  Secara Produktif