Manfaat Sayur Okra, Sehatkan Jantung, Mata, Tulang, Usus dan Cegah Kanker
berita
Sayur Okra
21 June 2020 17:45
Watyutink.com - Nama sayur okra mungki masih belum banyak dikenal orang Indonesia. Padahal sejatinya sayur ini sudah banyak digunakan untuk berbagai menu masakan. Biasanya sayur okra dimasak menjadi tumisan, sayur kari atau balado. 

Namun banyak yang tidak menyadari, sayur berbentuk unik ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya sayur okra mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat sayur okra bagi kesehatan?

Dibeberapa daerah okra disebut juga sayur bendi. Bentuknya mirip dengan cabai besar
permukannya tidak bulat rata melainkan berlekuk memanjang. Teksturnya mirip dengan terong dengan biji-biji kecil di dalamnya.

Sayur okra diketahui kaya akan kandungan vitamin, kalsium, fosfor, serat, magnesium, protein, dan folat. Itulah sebabnya sayur bendi berkhasiat bagi tubuh manusia. Salah satunya sebagai obat kurang darah atau anemia.

Sayur okra juga menjadi sumber antioksidan yang sangat baik. Itulah sebabnya sayur okra berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Selain itu sayur yang satu keluarga dengan terong ini juga berguna untuk mencegah tubuh dari efek negatif radikal bebas, penyebab penyakit kronis termasuk kanker.

Sayur okra juga kaya akan kandungan vitamin C. Jika dikombinasikan dengan antioksidan, vitamin C dalam sayur okra bermanfaat untuk mengurangi serangan asma.

Sedangkan kadungan folat membuat sayur okra bermanfaat untuk kesehatan tulang. Selain itu mengonsumsi sayur okra memcegah tubuh terserang osteoporosis atau pengeroposan tulang. Sayur okra juga kaya beta karoten, lutein, dan xanthin. Nutrisi tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Sayur okra diketahui memiliki kandungan serat larut. Itulah sebabnya sayur ini mampu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya sayur okra bisa menurunkan kolesterol, mengurangi aterosklerosis dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Serat dalam sayur okra juga sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan. Lendir yang terdapat dalam sayur okra bisa menjadi obat bagi penyakit sembelit atau susah buang air besar. Pasalnya sayur ini juga memiliki fungsi sebagai pencahar alami. Selain itu sayur okra juga menurunkan risiko kanker usus.

Sayur okra juga mampu membantu menyembuhkan penyakit diabetes atau kencing manis. Pasalnya sayur ini mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi enam hingga delapan buah sayur okra setiap hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila