Manfaat Ramuan Serai, Sehatkan Jantung, Saraf, Gigi, dan Mulut
berita

19 November 2019 12:55
Watyutink.com – Salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masak adalah serai. Tanaman ini sekilas bentuknya mirip daun bawang ini kerap digunakan untuk menambah rasa dan aroma masakan, seperti soto, oseng-oseng dan sebagainya. Aroma sereh yang segar diyakini membuat hidangan lebih sedap.

Ternyata, serai bukan hanya digunakan untuk bumbu masakan. Tanaman yang sering juga disebut sereh ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini tak lepas dari kandungan nutrisi yang dimiliki serai.

Tahukah Anda, apa saja manfaat serai untuk kesehatan?

Serai atau sereh adalah tanaman yang masuk dalam keluarga rumput-rumputan. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan membuktikan, serai memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Nutrisi tersebut antara lain, vitamin B, magnesium, kalium, dan zat besi. Hal inilah yang membuat serai bisa digunakan untuk menjaga kesehatan.

Salah satu manfaat serai adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebuah penelitian menyebutkan, serai memiliki kandungan zat antimikroba yang efektif melawan bakteri berbahaya seperti strptococcus mutans, Bakteri ini adalah salah stu penyebab gig berlubang dan kerusakan gigi lainnya.

Serai juga memiliki kandungan antioksidan, seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Zat-zat tersebut diketahui bisa melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang kerap menjadi penyebab beberapa penyakit. Bahkan radikal bebas diyakini sebagai salah satu pemicu kanker.

Serai juga dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah. Pasalnya serai memiliki kandungan mineral kalium. Itulah sebabnya serai bermanfaat untuk mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Sedangkan kandungan kalium ditambah magnesium dalam sereh bermanfaat untuk menjaga kesehatan fungsi otot, jantung, dan saraf. Selain itu kandungan kedua mineral tersebut juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang.

Bagi para wanita, mengonsumsi ramuan serai sangat bermanfaat untuk mengatasi sejala sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS), seperti kram dan kembung. Selain itu sereh juga bisa digunakan sebagai aromaterapi yang mampu mengatasi rasa cemas.

Selain itu, sereh juga dipercaya dapat mencegah keputihan, meredakan rasa sakit, bengkak, demam, batuk, sakit perut, dan sakit kepala. Meski demikian, manfaat sereh untuk kesehatan masih perlu untuk terus diteliti lebih lanjut.

Bagi Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, ramuan serai bisa menjadi alternatif. Namun serai bukan satu-satunya bahan penurun berat badan. Sebaiknya dikombinasikan dengan bahan-bahan makanan sehat lainnya.

Hingga saat ini belum ada aturan pasti penggunaan serai atau sereh untuk kesehatan. Namun seringkali tanaman ini dimanfaatkan sebagai teh sereh dan diminum setiap pagi. Cara membuatnya cukup mudah, ambil tiga potong serai segar. Didihkan 250 mililiter air panas lalu seduh teh, boleh teh celup atau bubuk. Lalu masukkan potongan serai dan diamkan selama sekitar lima menit.

Nikmati selagi hangat. Bisa juga dengan mencampurkan kayu manis, madu dan jeruk nipis untuk menambah rasa dan aroma.

Meski bermanfaat, ramuan teh serai sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya pemakaian secara berlebihan berpotensi menimbulkan efek samping seperti, pusing, mulut kering, dan cepat lelah.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir