Manfaat Luar Biasa Timun Rebus, Cegah Kanker, Hipertensi, Gangguan Ginjal dan Pencernaan
berita
Timun Rebus
03 October 2020 16:30
Watyutink.com - Timun adalah buah yang sangat dikenal orang Indonesia. Buah ini selalu hadir mendampingi lalapan dan sambal. Timun juga kerap dijadikan bahan campuran rujak. Selain enak dan segar, timun juga sehat. Pasalnya timun kaya akan kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan.

Kebayakan orang mengonsumsi timun secara langsung. Bisa juga diolah menjadi jus. Tapi tidak banyak orang yang mengonsumsi timun dengan cara direbus. Padahal cara ini diyakini sangat baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda apa manfaat timun rebus bagi kesehatan?

Timun mempunyai nama latin curcumis sativus diketahui memiliki kandungan nutrisi yang komplit, seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu timun kaya kandungan vitamin, yakni A, B, C, dan K. Sedangkan kandungan mineral yang ada dalam timun adalah kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

Selain itu timun juga mengandung alkaloid hipoxanti yang mampu mencegah tubuh terserang cacingan. Timun juga memiliki kandungan silikon, fluorin, dan kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu timun dapat merangsang ginjal dalam menjalankan fungsinya membuang sisa metabolisme dan lemak dalam tubuh.

Kandungan air yang sangat kaya dalam timun dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dalam sebuah timun berukuran normal terkandung sekitar 150 mililiter air.

Sedangkan kandungan vitamin K dalam timun diyakini dapat membantu melindungi kesehatan tulang. Satu cangkir mentimun mengandung 22 persen. Jumlah itu dapat mencukupi asupan harian vitamin K yang diperlukan tubuh.

Vitamin K dikenal sangat penting untuk kesehatan tulang. Selain itu vitamin K juga dapat meningkatkan penyerapa kalsium oleh tulang. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi timun bisa mengurangi risiko terjadinya patah tulang.

Manfaat timun bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsinya. Selain dimakan langsung, timun juga bisa dikonsumsi secara direbus. Bahkan cara ini diyakini berkhasiat lebih dahsyat dibanding memakan timun dengan cara biasa.

Timun rebus bermanfaat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Nantinya racun akan dikeluarkan melalui urin dan keringat. Itulah sebabnya timun rebus mampu menjaga kesehatan organ ginjal. Selain itu timun rebus juga mampu menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu beberapa penyakit seperti alzheimer, jantung, dan diabetes.

Timun rebus juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain karena rendah kalori, manfaat serat dalam timun juga lebih terasa. Rutin makan timun rebus akan membuat pencernaan lebih sehat dan mencegah sembelit atau susah buang air besar. Akan lebih baik jika timun rebus dimakan bersama yogurt.

Timun rebus juga bermanfaat melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan larisirecinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, payudara, rahim, dan ovarium. Sedangkan kandungan lignan, cucurbitacun dan flavonoid dalam timun mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Timun rebus juga mampu menjaga tekanan darah tetap normal. Kandungan kalium dalam timun mampu mengatur kadad garam atau sodium dalam tubuh. Itulah sebabnya makan timun mampu mencegah penyakit hipertensi atau darah tinggi.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF