Manfaat Kulit Kacang Tanah, Bisa Bersihkan Gigi dan Turunkan Kolesterol
berita

08 February 2019 16:20
Watyutink.com - Siapa yang tidak pernah makan kacang? Rasanya tidak ada orang yang tidak pernah makan kacang. Terlebih mereka yang suka begadang, nonton sepak bola hingga larut malam. Paling asyik ditemani kacang. Seringkali selepas acara nonton bareng, kulit kacang terserak dan menjadi sampah.

Tahukah Anda, sebenarnya kulit kacang juga memiliki manfaat bagi kita?

Kulit kacang tanah terdiri dari dua jenis, kulit ari yang tipis dan kulit cangkang yang keras. Kulit ari diyakini dapat mengubah suasana hati dari suntuk atau badmood menjadi baik. Meskipun banyak yang mengatakan kulit ari kacang tanah bisa menyebabkan jerawat.

Sedangkan kulit kacang yang keras ternyata bisa digunakan untuk perawatan gigi. Kulit kacang bisa menjadi bahan yang ampuh untuk membersihakan plak dan karang gigi. Caranya, rebus 50 gram kulit kacang yang sudah dibersihkan. Rebus hingga mendidih, lalu diamkan sejenak.

Celupkan sikat gigi ke dalam air rebusan kulit kacang itu dan gosok gigilah seperti biasa, terutama lapisan gigi yang ada karangnya. Jika rutin dilakukan, plak dan karang gigi akan hilang dengan sendirinya.

Manfaat lain dari rebusan air kulit kacang adalah sebagai penurun kadar kolesterol. Selain itu lemas, pegal dan sakit kepala akibat kadar kolesterol naik juga bisa hilang dengan menkonsumsi air rebusan kulit kacang secara teratur.

Tidak seperti isi kacang yang dianggap sebagai pemicu asam urat, Rebusan kulit kacang ternyata justru dapat menurunkannya. Namun sebaiknya pilih kacang tanah yang masih muda agar rasanya lebih enak.

Selain manfaat tersebut masih ada beberapa khasiat lain dari rebusan kulit kacang, seperti melancarkan peredaran darah, memembuang lemak jahat, dan meningkatkan nafsu makan.  

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?