Manfaat Kemiri, Bumbu Dapur yang Sehatkan Tulang, Pencernaan, dan Cegah Hipertensi
berita

11 November 2019 16:40
Watyutink.com – Indonesia memang dikenal kaya akan rempah-rempah. Hal itulah yang menyebabkan makanan khas Indonesia kaya rasa dan sangat digemari. Pasalnya rempah-rempah asal Indonesia kerap digunakan sebagai campuran bumbu masak. Salah satu rempah-rempah yang sering menjadi bumbu masak adalah kemiri.  

Ternyata selain baik untuk memperkaya rasa, kemiri juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pasalnya banyak kandungan nutrisi dalam kemiri yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Itulah sebabnya para ahli pengobatan herbal sering menggunakan kemiri untuk campuran obat.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kemiri bagi kesehatan?

Kemiri diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi tersbeut antara lain, protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalium, magnesium, seng, zat besi, tembaga, selenium, vitamin, folat dan fitosterol. Salah satu fungsi kemiri adalah menjaga kesehatan tulang. Kandungan fosfor dalam kemiri dipercaya dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit yang menyerang tulang, seperti rematik, osteoporosis dan lain-lain.

Itulah sebabnya mengonsumsi kemiri sangat dianjurkan bagi siapa saja. Pasalnya gangguan kesehatan tulang bisa menyerang siapa saja, wanita atau pria tua mapun muda.

Kemiri juga berkhasiat mengatasi masalah tekanan darah. Kadungan potasium dan magnesium pada kemiri diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Akibatnya seseorang yang rutin mengonsumsi kemiri bisa terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dan stroke.

Bagi Anda yang mengalami masalah tidur atau insomnia, kemiri bisa menjadi solusi alternatif. Insomnia seringkali terjadi lantaran banyak hal yang dipikirkan. Selain itu susah tidur keram dirasakan orang yang sedang depresi. Itulah sebabnya kemiri bisa menjadi pengobatan lantaran mengandung melatonin yang memberikan efek rileks dan tidur nyenyak.

Kemiri juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan disentri.  Selain itu kemiri juga baik digunakan untuk menurunkan berat badan. Pasalnya kemiri memiliki kandungan protein yang sangat bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh.

Bagi Anda yang merasa memiliki bobot badan berlebih dan ingin menurunkannya, tidak ada salahnya menambahkan kemiri dalam masakan.

Beberapa manfaat kemiri tersebut menyadarkan kita, ternyata buah kemiri yang kecil dalam bumbu dapur memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan. Jadi tidak ada salahnya mencoba kemiri untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir