Manfaat Kacang Hijau, Sehatkan Jantung, Pencernaan, Kulit dan Cegah Kanker
berita

24 August 2019 16:47
Watyutink.com – Siapa yang tidak kenal kacang hijau? Bahan ini banyak disukai dan diolah menjadi aneka jenis makakan. Kacang hijau atau yang lazim disebut kacang ijo, biasa dijadikan bubur atau diolah menjadi kue seperti onde-onde, bakpia, gandasturi dan masih banyak lagi. Ternyata selain enak, kacang hijau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa manfaat kacang hijau bagi kesehatan?

Sudah lama kacang hijau digunakan sebagai makanan kesehatan. Hal ini tak lepas dari kandungan gizi dalam kacang hijau yang diyakini bakal memberikan efek positif bagi kesehatan. Bahkan dibeberapa daerah, kacang hijau digunakan sebagai pengganti beras.

Salah satu manfaat kacang hijau bagi kesehatan adalah menyehatkan jantung. Studi yang dilakukan para ahli gizi membuktikan kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Akibatnya mengonsumsi kacang hijau dapat memperbaiki pembuluh darah yang rusak. Selain itu kancang hijau dapat mengurangi pembengkakan.

Penelitian medis juga menyebut kacang hijau dapat mencegah penyakit kanker. Pasalnya tanaman yang juga bernama green gram ini mampu mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini lantaran kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida yang mampu mengurangi penyebaran penyakit kanker.

Kacang hijau juga dikenal kaya kandungan protein. Sekitar 85 persen total asam amino yang dihasilkan albumin dan globulin terdapat dalam kacang hijau. Sedangkan kandungan fitonutrien dalam kacang hijau berfungsi sebagai anti pembengkakan dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Itulah sebabnya kacang hijau dapat mencegah tubuh dari serangan bakteri, dan virus berbahaya.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, kacang hijau adalah pilihan tepat. Pasalnya kacang hijau dapat meningkatkan cholecystokinin, hormon yang membuat kenyang lebih lama. Hal ini karena kacang hijau mengandung protein dan serat yang tinggi.

Kacang hijau juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam kacang hijau diyakini dapat mempermudah proses pencernaan. Selain itu kacang hijau dapat membersihkan racun dalam tubuh. Kandungan protein, tannin dan flavonoid dalam tanaman yang juga bernama mung bean ini efektif membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

Bagi para wanita, mengonsumsi kacang hijau juga dapat mengurangi efek sindrom pra menstruasi (PMS). Kacang hijau dikenal memiliki kandungan vitamin B6 dan folat yang dapat membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang memicu gejala-gejala PMS. Selain itu kacang hijau juga bisa mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat. Pasalnya kacang hijau mengandung phytoestrogen yang dapat mendorong produksi kolagen yang dapat mempercantik kulit dan menunda proses penuaan dini. (cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

M. Rizal Taufikurahman, Dr.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter             Perkuat Industri Karet, Furnitur, Elektronik Hadapi Resesi             Skala Krisis Mendatang Lebih Besar dari 1998