Manfaat Jambu Monyet yang Jarang Diketahui, Bisa Menyehatkan Jantung dan Tulang
berita

14 March 2019 17:00
Watyutink.com - Selama ini orang mengenal buah jambu monyet sebagai penghasil kacang mete atau kacang mede. Camilan ini sudah tidak asing lagi digunakan sebagai teman ngobrol atau diolah menjadi aneka makanan.  

Tapi tidak banyak yang tahu bahwa ternyata selain biji kacang mete, jambu monyet juga bisa dinikmati buahnya. Bahkan buah jambu monyet memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah jambu moyet bagi kesehatan manusia?

Buah jambu moyet sejatinya bukanlah buah, melainkan dasar bunga yang membengkak atau mengembang setelah terjadi pembuahan. Berkulit tipis seperti tomat, buah jambu monyet memiliki rasa yang segar sedikit pahit. Selain juga meninggalkan sensasi kering di tenggorokan.

Buah yang satu ini diketahui memiliki kandungan vitamin C dan juga tanin yang kaya. Itulah sebabnya buah jambu monyet memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain sebagai antioksidan dan menjaga daya tahan tubuh terhadapa radikal bebas. Selain itu mengonsumsi jambu monyet juga bisa mempercepat penyembuhan saat terserang flu.

Jambu monyet juga kaya akan mineral kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan otot. Selain itu jambu monyet juga bisa mengatasi rematik yang kerap kambuh akibat peradangan pada bagian tubuh.

Rutin makan jambu monyet juga bisa menyehatkan jantung. Pasalnya jambu monyet memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar trigliserid tinggi dalam tubuh. Trigliserid adalah zat yang terkait dengan penyakit jantung. Untuk itu tidak ada salahnya Anda rutin makan jambu monyet untuk mengindari terserang penyakit jantung.

Jambu moyet juga mengandung banyak zat besi. Itulah sebabnya jambu moyet bisa menjadi makanan alternatif bagi penderita anemia atau kurang darah. Pasalnya kandungan zat besi pada jambu monyet dapat menambah produksi sel darah merah.

Manfaat jambu monyet yang lain adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya buah ini mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Selain itu  jambu monyet sangat bermanfaat sebagai sumber energi serta membakar lemak saat berolahraga.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Nailul Huda

Peneliti INDEF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Soal Subsidi MRT: Negara Jangan Pikir Profit, Tapi Benefit             Perjelas Kewenangan Berbasis Wilayah             Indonesia Masih Menarik Sebagai Negara Tujuan Investasi             Subsidi MRT Bukan untuk Orang Kaya             Pemerintah Harus Hitung Risiko Utang BUMN             Pembentukan Holding BUMN Harus Selektif             BUMN Jangan Terjerumus Jadi Alat Kepentingan Penguasa             MoU KPU-PPATK Jangan Sekadar Aksesoris             MoU KPU-PPATK Jangan Hanya Formalitas             Pemerintah Harus Promosikan Tempat Wisata Terlebih Dahulu