Manfaat Hati Sapi, Lawan Anemia Hingga Sehatkan Mata
berita
Sumber Foto : liputan6.com
09 October 2019 16:00
Watyutink.com - Hati sapi merupakan salah satu bahan makanan yang populer untuk dikonsumsi. Namun sebagian orang enggan memakannya karena alasan hati menyaring racun dan zat-zat berbahaya lainnya dari dari darah. Namun, penting untuk diperhatikan hati sapi mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tahukah Anda manfaat hati sapi untuk kesehatan tubuh?

Kandungan zat besi dalam hati sapi dipercaya ampuh mencegah anemia. Zat besi dalam sel darah merah membantu membawa oksigen keseluruh tubuh. Dalam 2,4 ons hati sapi rebus mengandung 4,5 miligram zat besi.

Baca Juga

Hati sapi mengandung karbohidrat dan protein yang mana kedua senyawa ini berkontribusi dalam pembentukan energi dalam tubuh. Asupan protein tinggi dapat bantu bangun massa otot tubuh.

Selain itu, hati sapi dipercaya sebagai salah satu sumber vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata. Selain menyehatkan mata, vitamin A juga berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin ini berperan dalam mensintesis sel darah merah dan mengatur gen.

Tidak berhenti disitu, hati sapi juga mengandung mineral penting yaitu tembaga. Tembaga berperan dalam pembentukan antioksidan. Antioksidan berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meskipun kaya akan nutrisi, namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi hati sapi secara berlebihan. Bagi penderita kolesterol tinggi dilarang untuk mengkonsumsi hati sapi.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah