Manfaat Dibalik Daun Mangga, Atasi Asma, Diabetes, Hipertensi, dan Stres
berita

05 July 2019 17:00
Watyutink.com – Siapa yang tidak mengenal buah mangga. Sepertinya tidak ada orang yang tidak pernah mencicipi buah ini. Rasanya yang manis asam segar pasti mengudang selera siapa pun. Selain nikmat, buah mangga juga dikenal kaya manfaat untuk kesehatan. Beragam vitamin terdapat dalam buah berwarna kuning segar ini.

Ternyata bukan hanya buahnya yang bermanfaat, daun mangga juga memiliki banyak kegunaan. Daun mangga dikenal memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun mangga untuk kesehatan?

Manfaat pertama dari daun mangga adalah menyingkirkan anxiety atau cemas berlebihan. Seperti diketahui rasa cemas kerap menimbulkan suasana hati yang tidak menyenangkan. Jika dibiarkan hal ini bisa memicu stres.

Daun mangga bisa menjadi solusinya. Caranya cukup mudah ambil segenggam daun mangga, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Selanjutnya campur daun yang sudah dipotong-potong tadi dengan air hangat dalam jumlah yang cukup banyak. Gunakan air campuran daun mangga tersebut untuk berendam. Tubuh akan menjadi rileks dan perasaan cemas pun hilang.

Daun mangga juga bermanfaat untuk mengobati diabetes. Pasalnya daun mangga memiliki kandungan zat tanin dan antocyanin yang bisa mengatasi diabetes secara alami. Penggunaan daun mangga bisa meningkatkan produksi insulin ke level normal dan menghindarkan tubuh dari hipoglikemi.

Caranya, rebus beberapa helai daun mangga dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Setelah mendidih diamkan selama semalam. Minum air rebusan tersebut keesokan harinya.

Daun mangga juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pernafasan, seperti bronkitis, asma, atau sesak nafas karena flu. Ramuan daun mangga juga bisa untuk memperhalus suara yang mulai serak. Caranya, rebus daun mangga dengan air, lalu tambahkan madu dan minumlah selagi hangat.

Daun mangga juga ampuh untuk mengobati disentri dan diare. Caranya, ambil beberapa helai daun mangga dan bersihkan. Selanjutnya keringkan daun mangga lalu hancurkan. Campurkan dengan sedikit air. Minum ramuan tersebut dua hingga tiga kali sehari sampai penyakit disentri sembuh.

Bagi yang menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, daun mangga juga bisa menjadi solusi. Caranya dengan mengunakan daun mangga menjadi teh daun mangga. Rebus daun mangga hingga mendidih dan diamkan selama semalam. Minum keesokan harinya.

Teh daun mangga akan melancarkan aliran darah agar tekanan darah tetap stabil.

Daun mangga juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pada telinga dengan mengolahnya menjadi ekstak daun mangga. Selanjutnya gunakan ekstrak daun mangga tersebut menjadi obat tetes telinga.

Caranya, hancurkan daun mangga dengan blender, lalu saring hingga terpisah air atau ekstrak dan ampasnya. Hangatkan air ekstrak daun mangga dengan api kecil. Setelah hangat dan cukup aman untuk kulit, teteskan sedikit ke dalam telinga. Sakit telingan akan terasa jauh berkurang.

Daun mangga juga bisa mengobati luka terbuka dan luka bakar. Caranya sangat mudah, hancurkan daun mangga segar lalu tempelkan ke luka atau luka bakar. Lakukan hingga luka terbuka atau luka bakar mengering dan tertutup kembali.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

FOLLOW US

Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!             Perekonomian Dunia Masih Dihantui Ketegangan dan Ketidakpastian             Revisi Aturan-aturan yang Tidak Pro Kepada Nelayan!             Kebijakan KKP yang Baru Harus Didukung             Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS