Manfaat Daun Sirsak, Obati Kanker, Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat, dan Jerawat
berita
Daun Sirsak
25 July 2020 16:22
Watyutink.com - Manfaat buah sirsak bagi kesehatan sudah banyak dikenal. Buah berasa masam ini dikenal kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. 

Ternyata bukan hanya buahnya, daun sirsak juga bermanfaat untuk kesehatan. Serupa dengan buahnya, daun sirsak juga kaya akan kandungan vitamin. Itulah sebabnya daun sirsak bisa diolah menjadi obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan? 

Sirsak adalah buah yang berasal dari kawasan Karibia, Amerika Tengah. Buah dan daun sirsak dikenal kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin C, B1, dan B2. Daun sirsak juga mengandung karbohidrat, terutama fruktosa. Hal inilah yang membuat daun sirsak bermanfaat sebagai obat untuk berbagai penyakit. 

Salah satunya sebagai obat kanker. Pasalny daun sirsak memiliki kandungan acetogenin yang mempunyai sifat antikanker. Acetogenin adalah senyawa aktif yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara kerja daun sirsak menghambat pertumbuhan sel kanker hampir sama dengan obat kemoterapi. Daun sirsak  mampu menghambat aktivitas pembelahan DNA pada sel kanker sehingga sulit untuk tumbuh dan berkembang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan beberapa lembar daun sirsak, cuci hingga bersih. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Minum air rebusan itu setelah menghangat. Lakukan secara rutin sekali sehari. 

Daun sirsak juga mampu mengatasi masalah kolesterol. Kandungan antioksidan tinggi dalam daun sirsak mampu mencegah dan menurunkan kadar kolesterol. Akibatnya, kandungan kolesterol dalam tubuh selalu terkontrol sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan. 

Caranya, sama seperti untuk mengobati kanker. Rebus beberapa lembar daun sirsak hingga mendidih. Minum saat sudah hangat. 

Air rebusan daun sirsak juga ampuh untuk mengibati sariawan. Saat mengonsumsi air rebusan daun sirsak, sariawan akan mengecil dan sembuh dengan tuntas. 

Kandungan senyawa aktif dalam daun sirsak juga bermanfaat untuk mengobati asam urat. Bahkan daun sirsak sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit yang menyebabkan nyeri di persendian itu. 

Caranya, ambil 10 lembar daun sirsak, cuci hingga bersih. Potong menjadi beberapa bagian lalu rebus dengan tiga gelas air. Biarkan sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah ramuan tersebut saat sudah menjadi hangat. Lakukan rutin setiap hari. 

Daun sirsak juga mampu mengobati penyakit darah tinggi atau hipertensi. Kandungan antioksidan dalam daun sirsak dapat melenturkan pembuluh darah dan berakibat aliran darah menjadi lancar

Untuk mendapatkan manfaatnya, ambil delapan lembar daun sirsak cuci hingga bersih. Rebus dengan tiga gelas air. Biarkan mendidih sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan itu pagi dan malam hari. Lakukan secara rutin tiga kali setiap pekan. 

Daun sirsak juga ampuh untuk mengobati jerawat. Caranya, ambil enam lembar daun sirsak, tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air bunga mawar dan gunakan sebagai masker. Gunakan secara teratur sebelum tidur guna mendapatkan hasil terbaik.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila