Manfaat Daun Sawo untuk Kesehatan, Obati Influenza, Gondongan, dan Radang Tenggorokan
berita
Daun Sawo
02 June 2020 17:00
Watyutink.com – Manfaat buah sawo untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Buah berasa manis ini berguna untuk mencegah berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, dan kanker usus. Pasalnya buah sawo mengandung beragam zat yang berguna untuk kesehatan.

Ternyata bukan hanya buahnya yang bermanfaat, daun pohon sawo juga berguna untuk kesehatan. Sayangnya banyak yang belum mengetahui khasiat daun pohon sawo. Padahal daun sawo sudah lama digunakan sebagai obat herbal atau alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun sawo untuk kesehatan.

Para ahli kesehatan menyebut daun sawo kaya akan kandungan senyawa yang berguna untuk kesehatan, diantaranya flavonoid, saponin, tannin, dan ekstrak etanol. Hal inilah yang menjadikan daun sawo mampu menyembuhkan berrbagai jenis penyakit, salah satunya dalah radang tenggorokan. Mengonsumsi ramuan daun sawo juga membuat tenggorokan menjadi lega.

Daun sawo juga berguna untuk obat influenza. Pasalnya kandungan senyawa dalam daun sawo mampu membuang virus yang menjadi penyebab penyakit influenza. Selain itu daun sawo juga mampu mengobati gangguan pencernaan, seperti diaere. Seperti halnya influenza, daun sawo juga bisa membuang kuman penyebab diare yang sering menyebabkan perut mulas dan kembung.

Daun sawo juga ampuh untuk mengobati penyakit gondongan. Penyakit yang menyerang kelenjar parotid yang memproduksi air liur ini biasanya menyebabkan leher atau bagian di bawah wajah membengkak. Daun sawo diyakini memiliki senyawa yang mampu meredakan penyakit gondongan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, caranya cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun sawo. Cuci hingga bersih dengan air mengalir. Rebus dengan air hingga mendidih. Lalu angkat dan biarkan hingga menjadi hangat. Minum ramuan tersebut secara rutin. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Ramuan daun sawo juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Pasalnya ramuan daun sawo mempu mengobati penyakit bisul dan borok. Selain itu ramuan daun sawo akan melindungi kulit dari sejumlah infeksi akibat penyakit kulit. Ramuan daun sawo akan membuat borok atau luka di kulit cepat mengering dan sembuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila