Manfaat Daun Sambung Nyawa, Cegah Kanker, Hipertensi, Diabetes, Maag dan Mandul
berita
Daun Sambung Nyawa
10 October 2020 16:30
Watyutink.com - Bagi kalangan herbalis atau pelaku pengobatan herbal, daun sambung nyawa tentu sudah tidak asing lagi. Tanaman ini diyakini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Bahkan daun sambung nyawa dikenal sebagai 'daun dewa' lantaran khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Namun bagi masyarakat umum daun sambung nyawa bisa jadi masih asing. Padahal tanaman dengan nama latin Gynura procumbens ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tahukah Anda, apa manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan.

Penelitian yang dilakuka para ahli menemukan daun sambung nyawa mengandung berbagai senyawa aktif yang baik untuk kesehatan. Senyawa tersebut antara lain, saponin, tannin, terpenoid, flavonoid, kaempferol-3-O-rutinoside, kaempferol, astragalin, dan rutin.

Daun sambung nyawa juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna menangkal efek buruk radikal bebas, pemicu berbagai penyakit kronis.

Berdasarkan hasil kajian para ahli, salah satu manfaat daun sambung nyawa adalah meredakan peradangan. Kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol dalam daun sambung nyawa memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus. Itulah sebabnya daun sambung nyawa ampuh digunakan untuk meredakan nyeri akibat rematik dan penyakit akibat serangan virus.

Kandungan antioksidan dalam daun sambung nyawa membuatnya berguna melawan kanker. Ekstrak daun sambung nyawa dapat mencegah pertumbuhan dan membunuh sel kanker darah, kanker rahim, dan kanker payudara. Senyawa aktif dalam daun ini bisa mencegah penyebaran kanker ke organ lain dapat dicegah.

Daun sambung nyawa juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Itulah sebabnya tanaman ini baik dikonsumsi penderita diabetes atau penyakit kencing manis.

Daun sambung nyawa juga dapat mengatasi masalah kejantanan pria. Daun ini juga berguna mengobati mandul atau susah punya keturunan akibat diabetes. Senyawa aktif dalam daun sambung nyawa  dapat meningkatkan jumlah, pergerakan, dan kualitas sperma, serta mengurangi persentase sperma yang mati.

Daun sambung nyawa juga berguna menjaga kesehatan lambung dan usus. Daun sambung nyawa bisa meredakan luka pada lambung dan usus. Selain itu rutin mengonsumsi daun sambung nyawa bisa mencegah penyakit tukak lambung atau maag. 

Daun sambung nyawa diketahui mencegah aktivitas angiotensin converting enzyme (ACE). Itulah sebabnya tanaman ini berguna mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Saat tekanan darah normal, kondisi jantung pun menjadi lebih sehat.

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun sambung nyawa caranya mudah. Hanya dengan memakannya secara mentah atau menjadikannya lalapan bersama lauk dan sayuran lainnya.

Daun sambung nyawa juga bisa dinikmati seperti minum teh. Rebus beberapa lembar daun sambung nyawa dengan air sampai mendidih. Minum air rebusan itu saat masih hangat. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Saat itu juga sudah banyak diperdagangkan pil atau kapsul suplemen daun sambung nyawa. Namun jika Anda ingin membelinya, pastikan ada nomor izin edar dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF