Manfaat Daun Kumis Kucing, Sembuhkan Hipertensi, Diabates, Batu Ginjal, dan Asma
berita
Daun Kumis Kucing
05 April 2020 18:00
Watyutink.com - Banyak diantara masyatakat yang belum mengenal manfaat tanaman kumis kucing. Jangankan manfaatnya, bentuk tanamannya pun banyak yang tidak tahu.

Padahal tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan daun kumis kucing sudah lama diolah menjadi bahan obat alami atau herbal.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan?

Tanaman kumis kucing memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus. Disebut kumis kucing lantaran memiliki bunga berwarna putih, merah dan ungu. Benang sari tanaman ini menjuntai keluar dari kelopak bunganya sehingga berbentuk mirip kumis kucing.

Meski yang menjadi ciri khas adalah bunganya tapi yang kerap dimanfaatkan sebagai obat justru daunnya. Daun kumis kucing biasanya dikeringkan dan diolah menjadi teh. Saat ini kumis kucing sudah banyak diolah dalam bentuk tablet atau kapsul. Sehingga lebih mudah dikonsumsi.

Kumis kucing dikenal memiliki beragam kandungan zat yang berguna bagi kesehatan. Salah satunya untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pasalnya kumis kucing memiliki kandungan bahan kimia methylripariochromene yang terbukti ampuh menurunkan tekanan darah.

Kandung senyawa dalam kumis kucing juga berifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi kondisi tekanan darah tinggi.

Kumis kucing juga bermanfaat mengatasi masalah pernapasan, seperti batuk, sesak nafas, hingga asma. Untuk mendapatkan manfaatnya daun kumis kucing bisa dicampur dengan bahan herbal lainnya yang biasa digunakan untuk mengatasi gangguan nafas, seperti jahe, kunyit, madu, atau kapulaga.

Kumis kucing juga ampuh untuk mengobati gangguan ginjal. Sebuah penelitian membuktikan kumis kucing ampuh  mengatasi gangguan ginjal, termasuk penyakit batu ginjal. Selain itu kumis kucing dapat mengobati infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemis, infeksi saluran kemih, dan sering buah air kecil.

Kumis kucing juga bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes atau kencing manis. Pasalnya kumis kucing dapat mengatur kadar gula darah tetap normal. Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa ramuan kumis kucing efektif mengatur kadar glukosa dan mengendalikan diabetes.

Ekstrak daun kumis kucing juga bermanfaat menyembuhkan penyakit batu empedu. Untuk hal ini, ekstrak daun kumis kucing bisa dikombinasikan dengan ekstrak tanaman lain seperti, sonchus dan barleria. Selain batu empedu, kombinasi tersebut juga bisa mengatasi penyakit nefritis dan diabetes.

Kumis kucing juga berguna mengobati rematik dan encok. Pasalnya kumis kucing memiliki kandungan enzim flavonoid yang mampu meringankan gejala encok.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF