Manfaat Buah Persik, Cegah Kanker dan Sehatkan Pencernaan
berita

04 November 2019 16:40
Watyutink.com – Manfaat mengonsumsi buah sudah tak perlu diragukan lagi. Beragam nutrisi dan vitamin bisa diperoleh dari mengonsumsi buah-buahan. Sayangnya banyak orang melupakan makan buah. Terlebih saat ini, banyak orang yang lebih suka mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti junk food dan fast food atau makanan cepat saji.

Banyak jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan asupan nutrisi bagi tubuh, salah satunya adalah buah persik. Buah ini dikenal kaya akan kandungan zat dan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah persik bagi kesehatan?

Buah persik seringkali juga disebuh peach. Buah ini berasal dai China tapi sudah sangat populer di Indonesia. Sekilas bentunya mirip buah apel dengan daging berwarna lebih kuning. Para ahli kesehatan herbal menyebut buah persik kaya akan kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, potasium, kalsium, fluoride, dan beta karoten. Itulah sebabnya buah persik dikenal bermanfaat menjaga kesehatan tubuh dan melindungi dari berbagai penyakit.

Salah satu manfaat buah persik adalah menjaga kesehatan sistem pecerrnaan. Mengonsumsi buah persik atau peach diyakini dapat membersihkan racun-racung di usus, perut, ginjal, dan hati. Pasalnya buah persik memiliki kandungan serat dan potasium yang berfungsi membuah berbagai racun-racun dari tubuh manusia.

Kadungan potasium dalam buah persik juga diketahui berfungsi mencegah risiko usus buntu Potasium juga dapat mengurangi gangguan ginjal.

Buah persik juga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan beta karoten sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan organ penglihatan dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Buah ini juga memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah serangan penyakit katarak. Selain itu buah persik dapat menurunkan risiko degenerasi makula  atau gangguan mata akibat pertambahan usia. Degenerasi makula diketahui kerap menyerang orang berusia lanjut dan bisa mengakibatkan kebutaan.

Bagi Anda yang sering terserang batuk, pilek, atau flu, buah persik bisa menjadi alternatif makanan sehat. Pasalnya buah persih berguna menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun. Buah persik diketahui kaya akan kandungan vitamin C yang berguna menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

Namun saat mengonsumsi buah persih, sebaiknya diiringi dengan sumber nutrisi lainnya, seperti sayuran. Selain itu istirahat yang cukup juga sangat diperlukan untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

Buah persik juga bermanfaat mencegah penyakit kanker. Pasalnya buah juga kerap disebut buah peach ini kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker. Buah persih diketahui efektif melindungi tubuh dari serangan kanker usus, mulut, dan paru-paru.

Sedangkan kandungan asam fenolik dalam buah persik dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Asam fenolik dikenal sebagai aam klorogenik dan nonklorogenik yang dapat menghentikan pertumbunan sel kanker tanpa merusak sel normal dalam tubuh.

Mengonsumsi buah persik diyakini akan membuat Anda, khususnya para wanita terlihat lebih cantik dan muda. Pasalnya buah ini kaya akan kandungan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai bahan alami yang menyehatkan kulit tanpa efek samping.

Ekstrak buah persik bisa menjadi obat yang bisa dioleskan langsung ke kulit. Hal ini guna mencegah kerusakan kulit akibat papadan sinar ultra violet atau UV. Sedangkan kandungan protein dalam buah persik berkhasiat menyembuhkan kulit yang terluka.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas             Ironi yang Tak Pantas Dibiarkan Berulang             Pemerintah Harus Tunjukan Penggunaan Utang  Secara Produktif