Manfaat Air Tebu, Jaga Kesehatan Jantung, Ginjal, Tulang, Cegah Diabetes dan Kanker
berita
Air Tebu
12 November 2020 16:45
Watyutink.com – Selama ini banyak yang mengira tebu dan gula sama saja. Anggapan itu lantaran gula pasir juga berasa dari tebu. Padahal air tebu dan gula sangat berbeda. Air tebu terbukti lebih sehat dibanding gula pasir. Meski keduanya sama-sama menjadi sumber atau bahan untuk memunculkan rasa manis, namun nutrisi yang terkandung di dalam gula dan air tebu berbeda.

Para ahli kesehatan menyebut air tebu lebih sehat lantaran nutrisi yang tekandung di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Berbeda dengan gula pasir yang bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.  Air tebu bahkan diyakini bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Tahukah Anda, apa manfaat air tebu bagi kesehatan?

Tebu diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan, seperti karbohidrat dan protein. Air tebu juga mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium. Air tebu juga mengandung vitamin dan antioksidan. Para ahli kesehatan mengatakan mengonsumsi air tebu jauh lebih sehat dibanding air gula. Asalkan air tebu diproses dengan cara dan benar dan alami. Rasa manis dari ekstrak air tebu mengandung 15 kalori.

Air tebu terdiri dari sukrosa, fruktosa dan varietas glukosa lainnya. Total kandungan tersebut setara dengan 13 gram serat makanan. Air tebu juga memiliki kandungan serat dan senyawa polifenol yang membantu menjaga kesehatan. Itulah sebabnya mengonsumsi air tebu berguna untuk menjaga kesehatan, bahkan menjadi obat bagi berbagai penyakit, salah satunya untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam air tebu bermanfaat untuk mengurangi ketegangan di pembuluh darah. Akibatnya tekanan darah bisa diturunkan dan dikendalikan secara efektif.

Air tebu juga berguna menurunkan kadar kolesterol, baik kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) maupun trigliserida. Kandungan nutrisi dalam air tebu diyakini mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini menjadikan air tebu berguna untuk mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Air tebu juga berguna untuk kesehatan ginjal. Pasalnya air tebu mampu mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Pasalnya air tebu berguna untuk detoksifkasi atau membuang racun dalam tubuh. Air tebu juga bisa menjaga kesehatan fungsi organ ginjal.

Air tebu diketahui mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan air  tebu mampu memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam air tebu juga berguna mencegah infeksi lambung, hati, dan saluran pernafasan. Sedangkan kandungan antioksidan menjadikan air tebu mampu mencegah tubuh terserang penyakit kanker prostat dan kanker payudara.

Air tebu juga berguna bagi penderita diabetes. Berbeda dengan gula pasir yang pantang bagi penderita diabetes, air tebu justru baik dikonsumsi. Pasalnya air tebu mengandung gula alami yang memiliki indeks glikemik rendah, dibandingkan gula olahan lain. Bagi orang yang tidak memiliki penyakit diabetes, air tebu berguna untuk menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah.

Air tebu juga berguna melindungi tubuh dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Pasalnya air tebu mampu meningkatkan kadar mineral kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan mangan dalam tubuh. Mineral-mineral tersebut diketahui berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi air tebu secara rutin maka dapat membuat tulang Anda tetap kuat seiring bertambahnya usia.

Anda tidak perlu khawatir, meski tidak mempunyai mesin, tebu tetap bisa dinikmati. Caranya cukup mudah. Siapkan tebu, simpan dalam kulkas sebelum dikupas atau masih ada kulitnya. Hal ini agar tebu lebih segar. Saat akan dinikmati, kupas tebu dan buang bagian tengahnya. Potong kecil-kecil dan nikmati dengan cara digigit-gigit.

Bisa juga dengan cara, potong tebu kecil-kecil sekitar dua sentimeter. Blander potongan tebu tersebut sampai benar-benar halus. Bisa juga ditambahkan air secukupnya agar lebih mudah diblender. Lakukan sampai air berwarha kehijauan. Saring air hasil blender dan masukkan dalam botol lalu simpan di kulkas untuk dinikmati kapan saja.  

Air tebu tersebut bisa dinikmati bersama air kelapa muda. Bisa juga dengan dicampur perasan air lemon atau jeruk nipis. Lebih nikmati jika ditambah es batu. Segar manis dan sehat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF