Manfaat Air Rebusan Daun Jambu Biji, Cegah Kanker, Obati Sakit Gigi, Diare, dan Demam Berdarah
berita
Rebusan Daun Jambu Biji
24 August 2020 17:10
Watyutink.com – Selama ini orang hanya mengenal jambu biji bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan. Itulah sebabnya saat orang mengalami diare, buah yang sangat dianjurkan dikonsumsi adalah jambu biji. Ternyata manfaat untuk kesehatan bukan hanya terletak pada buahnya saja. Pasalnya daun jambu biji juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun jambu biji untuk kesehatan?

Jambu biji atau yang juga disebut jambu kluthuk adalah buah yang sudah banyak dikenal. Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini banyak digemari. Terlebih jambu biji juga dikenal sebagai makanan sehat.

Ternyata bukan hanya buahnya yang sehat, daunnya pun kaya akan manfaat. Pasalnya daun jambu kluthuk diketahui kaya akan nutrisi yang berguna bagi kesehatan, terutama tanin dan antiaksidan. Kedua zat itulah yang membuat daun jambu biji sangat baik dikonsumsi. Antioksidan diketahui bermanfaat untuk melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas, pemicu beragam penyakit.

Daun jambu biji juga memiliki kandungan flavonoid dan vitamin C serta mempunyai manfaat anti-inflamasi dan antibakteri. Hal ini membuat daun jambu biji bermanfaat melindungi tubuh dari serangan beragam jenis gangguan kesehatan.  

Salah satu manfaat jambu biji adalah sebagai obat sakit gigi dan gusi. Hal ini lantaran kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat melindungi gusi dan gigi dari peradangan. Untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji caranya sangat mudah, rebus beberapa lembar daun jambu hingga mendidih. Gunakan air rebusan itu untuk berkumur saat mengalami sakit gigi dan gusi.

Daun jambu kluthuk juga bermanfaat untuk mengobati diare. Manfaat yang sama juga diperoleh dari buah jambu kluthuk. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, caranya juga dengan merebus beberapa lembar daun jambu kluthuk. Jangan lupa mencucinya terlebih dahulu daun jambu kluthuk. Minum air rebusan daun jambu biji. Bisa ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Daun jambu biji juga menjadi cara untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi air rebusan daun jambu biji disebut lebih aman dibading mengonsumsi obat-obatan atau suplemen penurun kolesterol. Pasalnya daun jambu biji lebih alami dan bebas dari kandungan zat kima.

Daun jambu biji juga berguna untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini lantaran sifat antioksidan yang terkandund dalam daun jambu biji. Selain itu daun jambu biji juga kaya akan kandungan likopen. Zat ini berguna mencegah kanker, seperti kanker mulut, prostat, dan payudara. Daun jambu biji juga mengandung minyak astiri yang mampu mencegah kanker lambung.

Untuk mendapat manfaat mencegah kanker, caranya sama. Rebus bebera lembar daun jambu biji hingga mendidih. Minum saat menjadi hangat. Bisa juga dengan mencampurkan daun jambu biji dengan teh dan meminumnya sebagai teh daun jambu biji.

Rutin mengonsumsi air rebusan daun jambu biji juga berguna untuk penderita diabetes atau kencing manis. Pasalnya senyawa dalam daun jambu biji bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan, daun jambu biji mampu mencegah perkembangan diabates.

Daun jambu biji juga berguna menyembuhkan penyakit demam berdarah. Daun jambu biji berguna menambah kandungan trombosit dalam darah. Hal inilah yang membuat mengonsumsi air rebusan daun jambu biji bisa mempercepat penyembuhan sakit demam berdarah.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF