Mana yang Lebih Sehat, Kuning atau Putih Telur?
berita

14 July 2020 15:33
Watyutink.com – Manfaat telur bagi kesehatan sudah tidak perlu diperdebatkan lagi.  Bahan pangan yang dihasilkan unggas, seperti ayam dan bebek ini sudah sejak lama diakui sebagai sumber nutrisi yang berguna bagi manusia. Telir diketahui memiliki kandungan protein, vitaming, lemak dan zat-zat sehat lainnya.

Namun banyak orang yang bertanya-tanya mana dari bagian telur yang lebih baik untuk kesehatan, kuning atau putih telur. Sering kita melihat orang memisahkan putih telur dari bagian kuningnya. Selanjutnya, hanya putih telur yang dikonsumsi. Sebaliknya ada pula yang hanya memakan bagian kuning telur saja dan membiarkan bagian putihnya terbuang begitu saja.

Tahukah Anda, mana dari bagian telur yang lebih sehat, kuning atau putih?

Telur adalah bahan makanan yang sangat mudah diperoleh. Saat ini telur seolah sudah menjadi makanan wajib bagi masyarakat. Cara menikmatinya pun cukup mudah, digoreng atau direbus. Selain itu telur juga kerap diolah menjadi anek menu masakan yang menggugah selera.

Telur mempunyai tiga bagian, cangkang, putih, dan kuning. Dari ketiganya, hanya putih dan kuning telur yang dimanfaatkan untuk bahan pangan. Secara keseluruhan kandungan nutrisi dalam putih dan kuning telur berbeda. Dilansir dari detikhealt, beberapa perbandingan nutrisi yang tekandung dalam kuning dan putih telur, antara lain, dari segi kalori, kuning telur jauh lebih tinggi dengan jumlah 55 dibanding putih yang hanya 17 setiap butirnya.

Kandungan vitamin dalam kuning telur juga lebih beragam, yakni vitamin A, B6, B12, D, E dan K. Selain itu kuning telur juga memiliki kandungan mineral, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kolin, selenium, dan karotenoid. Kandungan vitamin dan mineral tersebut hanya sedikit terkandung dalam putih telur.

Karetonoid dan antioksidan dalam kuning telur diyakini membuat matal lebih sehat dan terhindar dari kerusakan retina. Sedangkan kolin memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna mencegah peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun.

Kandungan zat besi kuning bahkan jauh di atas putih dengan perbandingan 93 persen berbanding tujuh persen setiap butir.  Namun kandungan lemak jenuh dan kolesterol kuning telur jauh lebih tinggi yakni lima gram dan 211 miligram setiap butir. Sedangkan putih telur diketahui tidak memiliki kandungan kedua nutrisi tersebut. Itulah sebabnya penderita penyakit jantung sangat menghindari mengonsumsi kuning telur dan hanya memakan bagian putih saja.

Putih telur atau albumin juga berguna untuk membangun dan menguatkan otot. Bagi mereka yang sedang berusaha menambah berat badan, putih telur sangat tepat. Pasalnya mengonsumsi bahan makanan yang juga bernama albumin ini akan membuat tubuh cepat kenyang lebih lama.

Secara keseluruhan, kuning telur mempunya manfaat lantaran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih beragam. Itulah sebabnya kuning telur sangan baik dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pasalnya mengonsumsi kuning telur akan menyimbangkan metabolisme tubuh dan membuat pertumbuhan anak berjalan maksimal.

Sedangkan putih telur berguna bagi meraka yang tengah berupaya menjaga berat badan. Meski rendah kalori dan bebas lemak, putih telur kaya akan kandungan protein yang diperlukan sebagai sumber energi yang menunjang aktivitas sehari-hari. Protein dalam putih telur juga berperan besar dalam menyusun hampir semua bagian tubuh , seperti otot dan tulang, jantung, paru-paru, otak, kulit dan rambut.

Melihat hal tersebut, bisa disimpukkan baik kuning maupun putih telur memiliki keunggulan masing-masing. Keduanya bisa saling melengkapi. Itulah sebabnya cara terbaik untuk sehat adalah mengonsumsi keduanya, kuning dan putih telur.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila