Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan, Susu Bubuk atau Susu Cair?
berita

24 December 2019 16:55
Watyutink.com – Manfaat susu bagi kesehatan tubuh sudah tak perlu diragukan lagi. Beragam nutrisi dalam susu, seperti vitamin D, vitamin B12, kalsium, kalium, protein, dan fosfor sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bagi anak-anak, susu adalah minuman ‘wajib’ yang harus selalu dikonsumsi. Pasalnya nutrisi dalam susu sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Bagi orang dewasa, susu juga tak kalah penting. Pasalnya kalori yang terkandug dalam susu dalam menjadi sumber energi yang bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari. Susu juga penting untuk menjaga organ-organ tubuh, seperti tulang dan persendian agar tetap bekerja dan berfungsi dengan baik.

Namun, sering kali kita bingung saat memilih susu untuk dikonsumsi. Pasalnya di pasaran terdapat berbagai jenis susu. Setidaknya ada dua jenis susu yang ada di pasaran, yakni susu bubuk dan cair.

Tahukah Anda, mana yang lebih baik susu bubuk atau cair?

Meski keduanya terbuat dari susu sapi tapi proses produksi membuatnya berbeda. Susu bubuk adalah susu cair yang mengalami proses pemanasan dengan alat spray drier. Akibatnya susu yang semula cair berubah menjadi bubuk kering sehingga mudah dikemas, disimpan, dan dipasarkan.

Sedangkan susu cair adalah susu yang masih bentuknya masih seperti aslinya. Ada dua jenis susu cair, yakni susu segar atau fresh milk dan susu cair olahan. Fresh milk adalah susu asli yang berasal dari hasil perahan peternak sapi. Fresh milik dikenal bebas bahan tambahan, seperti pemanis atau perasa.

Sementara susu cair olahan harus terlebih dahulu melewati serangkaian proses sebelum dipasarakan. Hal ini untuk membunuh bakteri yang mungkin terdapat dalam susu. Selain itu susu cair olahan mendapatkan tambahan perasa, seperti cokelat, vanila, storbery dan sebagainya agar lebih enak rasanya. Selain itu susu cair olahan juga diproses agar lebih tahan lama.

Terdapat beragam jenis susu cair olahan yang dijual di pasaran, seperti susu Ultra High Temperature (UHT) dan susu pasterurisasi. Susu UHT adalah susu yang saat produksi melalui proses pemanasan menggunakan suhu atau temperatur yang sangat tinggi. Hal ini menjadikan susu UHT tahan hingga sembilan bulan sebelum dibuka.

Sedangkan susu pasteurisasi adalah susu segar yang dipanaskan pada suhu sekitar 63 derajat selsius selama kurang lebih 30 menit. Akibatnya nutrisi dalam susu tidak rusak. Selain iti rasa dan kualitas gizi pada susu pasteurisasi lebih mirip dengan fresh milk.

Ahli nutrisi Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD mengatakan susu segar atau fresh milk lebih baik dibanding susu yang lain. Pasalnya proses spray drying saat pembuatan susu bubuk dapat menimbulkan kolesterol teroksidasi. Matthew menyebut produk makanan atau minuman segar dan alami lebih baik dibandingkan yang telah melalui pemrosesan.

Selain itu lemak pada susu skim milk atau low fat, baik itu bubuk atau cair, jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan fresh milk. Namun fresh milk tidak bisa bertahan lama dan mudah basi. Itulah sebabnya susu bubuk atau susu cair olahan bisa menjadi pilihan dalam memenuhi kebutuhan asupan nutrisi tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)