Mana yang Lebih Baik, Makan Kurma Langsung atau Dijadikan Air Nabeez, Simak Penjelasannya
berita
Sumber Foto : sehatq.com
02 May 2021 16:40
Watyutink.com - Manfaat buah kurma untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah khas Timur Tengah ini sangat lengkap. Itulah sebabnya mengonsumsi kurma sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan.

Terutama di saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, seperti saat ini. Para ahli sangat menganjurkan makan kurma, baik saat sahur maupun buka puasa. Terlebih hal itu sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW yang selalu memakan kurma saat sahur dan berbuka puasa.

Untuk menikmati dan mendapatkan manfaat buah berasa manis ini ternyata tidak hanya dengan memakannya secara langsung. Pasalnya kurma juga bisa dijadikan sebagai infused water atau air nabeez. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Banyak pula yang beranggapan jika dijadikan sebagai air nabeez khasiat kurma bisa berkurang.

Tahukah Anda, mana yang lebih baik, kurma dimakan langsung atau dijadikan air nabeez?

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan, manfaat kurma tidak berkurang meski dijadikan air nabeez atau infused water. Menurut dr Zaidul, kurma yang dimakan langsung atau melalui infused water sama-sama memberi manfaat bagi tubuh.

Penulis buku Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini menambahkan, jika dikonsumsi dalam bentuk infused water, bisa berguna untuk menjaga asupan cairan sekaligus kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu nutrisi dalam kurma jadi lebih mudah diserap dengan merendamnya terlebih dahulu. Selanjutnya, buah kurma bisa langsung dimakan berikut dengan air rendamannya.

Dokter yang juga hafiz atau penghafal Al Qur'an ini menjelaskan kurma yang direndam dan dijadikan air nabeez pada akhirnya akan dimakan dengan tekstur yang lebih lembut. Namun biji kurmanya jangan dimakan. Hal ini sama dengan saat mengonsumsi kurma secara langsung.

Untuk membuat air nabeez kurma, dr Zaidul memberikan resepnya. Siapkan bahan-bahan berupa, air putih matang dan buar kurma dengam jumlah ganji, tiga, lima, atau tujuh. Tuangkan air matang dalam gelas atau toples kaca. Bersihkan kurma dari bijinya. Rendam kurma dalam air matang dalam yang sudah dituang dalam gelas atau toples kaca.

Tutup dan biarkan selama delapan hingga 12 jam. Jika dibuat sore hari, air nabeez bisa diminum saat sahur. Sebaliknya jika dibuat pagi hari, air rendaman kurma bisa dinikmati saat buka puasa. Lebih baik lagi jika buah kurmanya langsung dimakan beserta airnya.

Kandungam serat, vitamin, mineral dan antioksidan dalam kurma sangat baik menjaga kesehatan berpuasa, terutama jika kurma dikonsumsi saat sahur. Meski selama 14 jam tubuh tidak makan dan minum, kebutuhan nutrisi dan cairan dalam tubuh bisa tercukupi dengan minum air nabeez dan memakan kurmanya.

Air nabeez juga merupakan minuman beralkali. Sehingga mampu menjaga kestabilam asam dalam perut. Itulah sebabnya rutin min air nabeez sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan. Berbagai racun dan toksin yang berbahaya juga bisa dibersihkan dengan mengonsumsi air nabeez kurma. Berpuasa dan  mengonsumsi air nabeez bisa menjadi sarana detoksifikasi atau membuang racun dari dalam tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF