Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Anda Berhenti Merokok
berita

09 January 2019 17:10
Watyutink.com - Anda ingin berhenti merokok? Kesadaran akan hidup sehat mendorong sebagian orang berusaha berhenti merokok. Namun hal itu ternyata tidak mudah. Terutama bagi orang yang sudah kecanduan rokok.

Tahukah Anda, beberapa makanan yang bisa membantu menghentikan kebiasaan merokok?

Kebiasaan merokok memang harus dihentikan. Setiap satu hisapan rokok mengandung tak kurang dari 7000 racun. Selain itu rokok dapat merusak saraf di mulut. Reseptor lidah dan hidung pun ikut rusak akibat terkena zat kimia dalam rokok.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Tobacco Induced Diseases yang terbit di Inggris tahun 2017 menyatakan ternyata mengatur pola makan bisa menjadi salah satu cara untuk berhenti merokok. Beberapa makanan dan minuman dipercaya bisa membantu menghentikan kebiasaan merokok, salah satunya adalah susu. Pasalnya susu dapat menghilangkan rasa pahit di lidah akibat merokok.

Makan buah dan sayur juga diyakini dapat membantu melepaskan diri dari jeratan tembakau. Jurnal Nicotine and Tobacco Research menuliskan jeruk, pir, apel, atau pisang yang mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan serat dapat membantu mengembalikan sensitivitas lidah yang rusak akibat merokok.

Saat berhenti merokok biasanya orang akan mencari pelampiasan dengan cara ngemil. Kacang adalah camilan yang baik untuk membantu mengindarikan kita dari kembali merokok. Selain itu, popcorn dan outmeal juga bisa menjadi piliham camilan yang sehat.

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, jika ingin berhenti merokok, kita juga dianjurkan menjauhi beberapa makanan dan minuman terutama kopi. Sebab kafein dalam kopi akan merangsang lidah untuk kembali merokok.

Hindari pula makanan berkalori rendah.  Para pakar kesehatan justru mengungkapkan bahwa makanan rendah kalori justru menjadi bumerang bagi Anda yang sedang berupaya menjauhkan diri dari rokok.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Ruang Steril Sopir Bus AKAP Belum Diatur             Susi Cuma Orang Kecil             Wajar Ada Ketidakpuasan Terkait Kinerja KKP             Hidupkan Lagi Direktorat Keselamatan Jalan             Masalah Klasik Pidana Penjara             Pelesiran Setya Novanto, Biasa Itu!             Kinerja Menkumham Benahi Lapas Tidak Memuaskan             Maskapai Asing, Investasi yang Buruk Bagi Ekonomi Nasional              Hilangnya Kompetisi di Pasar Penerbangan Domestik             Masalah pada Inefisiensi dan Pengkonsentrasian Pasar