Makan Jambu Monyet bisa Sehatkan Jantung, Tulang, dan Cegah Rematik tapi Bisa Sebabkan Alergi
berita
Jambu Monyet
24 December 2020 16:40
Watyutink.com - Hampir semua orang pasti mengenal kacang mede atau mete. Namun ada sebagian yang tidak mengetahui jika kacang mede dihasilkan dari buah yang disebut jambu monyet. Banyak yang menduga buah jambu monyet atau jambu mede tidak bisa dikonsumsi.

Padahal buah jambu mede bukan hanya bisa dimakan tapi sehat. Pasalnya buah jambu mede memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah jambu moyet bagi kesehatan manusia?

Buah jambu moyet sejatinya bukanlah buah, melainkan dasar bunga yang membengkak atau mengembang setelah terjadi pembuahan. Itulah sebabnya jambu monyet sering disebut sebagai buah semu. Berkulit tipis seperti tomat, buah jambu monyet memiliki rasa yang segar cenderung sepat dab sedikit pahit. Selain juga meninggalkan sensasi kering di tenggorokan.

Buah dengan nama latin Anacardium occidentale ini diketahui memiliki kandungan vitamin C dan tanin yang kaya. Itulah sebabnya buah jambu monyet memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain sebagai antioksidan dan menjaga daya tahan tubuh terhadapa radikal bebas. Selain itu mengonsumsi jambu monyet juga bisa mempercepat penyembuhan saat terserang flu.

Jambu monyet juga kaya akan mineral kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan otot. Selain itu jambu monyet juga bisa mengatasi rematik yang kerap kambuh akibat peradangan pada bagian tubuh.

Rutin makan jambu monyet juga bisa menyehatkan jantung. Pasalnya jambu monyet memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar trigliserid tinggi dalam tubuh. Trigliserid adalah zat yang terkait dengan penyakit jantung. Untuk itu tidak ada salahnya Anda rutin makan jambu monyet untuk mengindari terserang penyakit jantung.

Jambu moyet juga mengandung banyak zat besi. Itulah sebabnya jambu moyet bisa menjadi makanan alternatif bagi penderita anemia atau kurang darah. Pasalnya kandungan zat besi pada jambu monyet dapat menambah produksi sel darah merah.

Manfaat jambu monyet yang lain adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya buah ini mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Selain itu jambu monyet sangat bermanfaat sebagai sumber energi serta membakar lemak saat berolahraga.

Meski sehat namun konsumsi jambu monyet  juga berisiko menimbulkan efek samping, salah satunya mengakibatkan alergi, seperti sesak nafas. Selain itu jambu monyet juga bisa memicu asma.

Jambu monyet juga bisa mengakibatkan infeksi kulit. Terutama jika sebelum dimakan tidak dicuci dengan bersih. Pasalnya jambu monyet memiliki getah atau Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) jika terkena kulit dapat menimbulkan iritasi pada kulit. 

Jambu monyet juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti naiknya asam lambung dan maag. Konsumsi jambu monyet berlebihan juga bisa menyebabkan diare.

Itulah sebabnya sebelumnya memakan jambu monyet perhatikan hal berikut. Pastikan jambu monyet sudah benar-benar matang terlihat dari kulitnya yang berwarna merah. Pilih buah jambu monyet yang sudah terpisah dari bijinya dan pastikan sudah bersih dari getah. Jambu monyet bisa dimakan beserta kulitnya.

Jambu monyet tergolong buah yang mudah busuk. Meski disimpan di lemari es, jambu monyet hanya mampu bertahan selama tiga hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

A.S. Laksana

Sastrawan, pengarang, kritikus sastra dan wartawan