Makan Gorengan dan Minum Kopi Ternyata Bisa Sebabkan Lemas dan Ngantuk, Ini Penjelasannya
berita
Kopi dan Gorengan
15 October 2020 17:00
Watyutink.com – Makanan yang kita konsumsi setiap hari pada dasarnya dimaksudkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Makanan yang masuk dalam tubuh diharapkan akan menjadi energi yang dibutuhkan untuk bekerja, belajar, dan kegiatan lainnya. Itulah sebabnya makan sangat diperlukan oleh tubuh.

Namun apa jadinya jika makanan yang kita konsumsi justru menyebabkan tubuh lemas. Hal ini terjadi pada beberapa jenis makanan dan minuman. Bukannya menjadi lebih bertenaga, beberapa makanan tersebut justru menjadikan tubuh lemas bahkan mengantuk. Terutama jika dimakan secara berlebihan.

Tahukah Anda, apa saja makanan yang menyebabkan lemas?

Makanan yang menyebabkan tubuh lemas dan mengantuk lantaran memiliki kandungan gula, garam, kafein, dan lemak yang tinggi. Tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak untuk mengolah makanan tersebut. Hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi lemas dan terkuras energinya. Salah satu makanan tersebut adalah gorengan.

Makanan yang digoreng seperti kentang, ayam, dan gorengan lainnya bakal memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi. Kandungan minyak menyebabkan lemak jenuh pada minyak menyebabkan tubuh mencerna makanan lebih keras. Akibatnya energi tubuh menjadi lebih terkuras dan berakibat lemas serta mengantuk. Selain itu asupan minyak terlalu banyak dapat menimbulkan rasa haus berlebihan.  

Kopi juga menimbulkan tubuh menjadi lemas. Minuman yang kerap digunakan untuk melawan kantuk ini dikenal tinggi kadungan kafein. Hal inilah yang kerap menimbulkan rasa gelisah dan menyebabkan pola tidur tidak beraturan, terutama di malam hari. Akibatnya keesokan harinya tubuh akan lemas lantaran kurang tidur.

Hal serupa dengan minuman energi yang juga tinggi kadar kafein. Selain itu minuman energi juga tinggi kadar gula. Kombinasi kafein dan gula yang tinggi akan menyebabkan detak jantung meningkat. Selain itu tubuh akan mudah gelisah dan sulit tidur. Kandungan gula juga menyebabkan tubuh mudah merasa haus

Makanan rendah kalori ternyata juga bisa menimbulkan tubuh merasa lemas. Meski diyakini lebih sehat, makanan rendah kalori, seperti susu, ikan, atau biji-bijian menyebabkan tubuh lemas jika tidak dikombinasikan dengan makanan lain.

Kalori sejatinya adalah nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Tubuh akan lemas dan lesu jika kekurangan kalori. Itulah sebabnya jika hanya makanan rendah kalori saja yang dikonsumsi, tubuh akan rentan mengalami lemas dan lesu. Itulah sebabnya makanan rendah kalori harus dikombinasikan dengan makanan lainnya.

Roti putih atau roti tawar juga bisa memicu tubuh merasa lemas. Pasalnya roti putih mengandung kadar gula yang tinggi. Akibatnya kadar glukoas dalam tubuh juga meningkat. Hal inilah yang menyebabkan tubuh lemas dan mudah mengantuk. Selain itu roti putih yang tinggi kadar gula akan menyebabkan tubuh cepat merasa haus. Sebagai gantinya sebaiknya mengonsumsi roti gandum.

Daging merah dan ikan juga bisa menyebabkan tubuh lemas, lesu, dan lelah. Daging merah adalah sumber zat besi yang sangat penting untuk pembentukan energi. Namun daging merah juga tinggi kandungan lemak. Hal ini menyebabkan tubuh bekerja ekstra keras untuk mencerna lemak menjadi energi. Akibatnya tubuh cepat lelah dan mengantuk.

Sedangkan ikan dikenal tinggi vitamin B6. Saat memproses zat tersebut, tubuh mengubah zat triptofan menjadi melatonin yang bisa menyebabkan lelah, lemas, dan mengantuk. Itulah sebabnya saat mengonsumsi ikan dan daging merah sebaiknya dikombinasikan dengan makanan lain, seperti sayur dan buah.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF