Madu Hitam, Pahit Rasanya Banyak Manfaatnya, Obati Diabetes, Asam Urat, Maag dan Perkuat Kekebalan Tubuh
berita
Madu Hitam
21 July 2020 16:30
Watyutink.com – Selama ini kita mengenal madu adalah bahan pangan berasa manis. Pasalnya cairan yang dihasilkan oleh lebah ini berasal dari sari pati bunga atau nektar yang berasa manis. Madu dikenal mengandung zat gula yang berasal dari unsur monosakarida fruktosa dan glukosa. Rasa manis dari madu hampir sama dengan gula.

Ternyata tidak semua madu memiki rasa manis. Pasalnya ada pula madu yang justru berasa pahit, yakni madu yang diambil dari sari pati pohon mahogani. Selain pahit, madu ini juga berwarna cenderung lebih gelap. Itulah sebabnya madu pahit juga dikenal dengan sebutan madu hitam.

Meski berasa pahit, kandungan nutrisi yang terkandung dalam madu hitam tidak kalah dibanding madu manis. Bahkan madu pahit disebut-sebut memiliki manfaat bagi kesehatan, sebagaimana madu manis.

Tahukah Anda, apa saja manfaat madu pahit bagi kesehatan?

Madu hitam dikenal kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, gula, dan antioksidan fenol dan flavonoid. Hal ini membuat manfaat madu pahit tak kalah dengan madu manis. Bahkan beberapa ahli kesehatan menyebut khasiat madu pahit lebih baik dibanding madu manis lantaran memiliki kandungan fenol yang lebih banyak. Akibatnya fungsi sebagai antioksidan juga lebih baik.

Salah satu manfaat madu pahit adalah untuk meningkatkan kekbalan tubuh atau sistem imun. Antioksidan dalam madu pahit berguna menangkal efek buruk dari radikal bebas, pemicu berbagai jenis gangguan kesehatan, termasuk penyakit kronis. Selain itu kandungan saponin dalam madu pahit juga berguna menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi lemak tubuh.

Madu pahit juga berguna untuk melancarkan aliran darah. Senyawa flavonoid dalam madu hitam mampu melancakan sirkulasi darah sekaligus mengurangi kolesterol jahat  atau low-density lipoprotein (LDL).

Madu pahit bermanfaat untuk menjaga fungsi organ pankreas. Organ penting ini diketahui sangat berpengaruh dengan produksi insulindalam tubuh. Itulah sebabnya madu pahit baik dikonsumsi penderita diabetes lantaran rendah kandungan glukosa. Selain itu kandungan alkaloid dalam madu pahit bermanfaat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.  

Madu pahit juga bemanfaat mengatasi gangguan pengelihatan yang kerap diderita penderita diabetes. Selain itu kebisaan buang air kecil berlebihan penderita diabetes juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu pahit.

Madu hitam juga bermanfaat mengobati masalah pencernaan, seperti maag, mual dan nyeri lambung. Sedangkan kandungan senyawa penetralisir toksin dalam madu hitam mampu menetralkan purin penyebab asam urat. Itulah sebabnya mengonsumsi madu hitam juga berkhasiat menyembuhkan penyakit asam urat dan nyeri sendi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila