Lima Fakta Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Bumi Sriwijaya
berita
Sumber Foto : palembang.tribunnews.com
28 August 2019 16:40
Watyutink.com – Palembang atau dikenal dengan Bumi Sriwijaya karena merupakan bagian wilayah kerajaan Sriwijaya (tahun 600-an–1100-an). Kerajaan Sriwijaya terkenal karena kejayaannya dan membentang dari wilayah Kamboja, Thailand, semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa barat bahkan (katanya) termasuk Jawa Tengah.

Tahukah Anda, lima fakta ini wajib anda ketahui mengenai Kota Palembang, Bumi Sriwijaya?

Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia. Meski Kota Tua terdapat di Jakarta namun ternyata bukan Jakarta yang menjadi kota tertua di Indonesia. Bukan pula Surabaya, meski banyak disebutkan dalam sejarah, terutama sejarah pergerakan nasional. Kota Palembang diprediksi setidaknya berusia 1382 tahun berdasarkan prasasti Sriwijaya yang kemudian dikenal sebagai Prasasti Kedudukan Bukit di bukit si Guntang  yang bertuliskan 16 juni 682 Masehi.

Kota Palembang adalah kota pertama yang memiliki Light Rail Transit (LRT) di Indonesia. Jakarta heboh dengan Mass Rapid Transit (MRT)-nya dan LRT masih proses pembangunan, sementara tahun 2015 Kota Palembang sudah memiliki LRT. LRT Kota Palembang ini sepanjang 22.3Km menghubungkan bandara Sultan Mahmud Badarudin II melewati kawasan Jakabaring Sport City dan berakhir di Stasiun DJKA. Nah, siapa nih yang pengen nyoba? Mumpun Jakarta belum punya.

Palembang memiliki Jembatan Ampera yang menjadi jembatan tercanggih ketika dibangun. Jembatan indah ini menjadi lambing dan ciri khas kota Palembang sejak dibangun pada tahun 1962. Pembangunan Jembatan Ampera membutuhkan waktu selama tiga tahun dan menhubungkan antara Ulu dan Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi.

Terdapat Al-Quran raksasa di Palembang. Al-Quran yang memiliki 630 halaman ini terdapat di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus. Perlu diketahui Al-Quran raksasa ini memiliki tinggi sembilan meter. Tentu anda akan kewalahan jika hendak membacanya tanpa bantuan.

Palembang punya stadion internasional. Stadion Gelora Sriwijaya merupakan stadion ketiga terbesar di Indonesia. Stadion ini memiliki daya tampung hingga 40.000 orang. Jika anda pecinta olahraga khususnya sepakbola tentu tak asing dengan club sepakbola, Sriwijaya FC.

Selain makanan enak seperti pempek yang terkenal seantero Indonesia, Palembang juga punya lho beberapa tempat wisata yang menarik bahkan bernilai historis yang tinggi. Yuk kenali lagi sejarah dan peninggalan sejarah bangsa kita. Mengenal ada proses untuk dapat semakin mencintai negeri. (yed)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

M. Rizal Taufikurahman, Dr.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter             Perkuat Industri Karet, Furnitur, Elektronik Hadapi Resesi             Skala Krisis Mendatang Lebih Besar dari 1998